melalui momen perayaan Hari Natal ini seharusnya kami semua bisa introspeksi diri
Jayapura (ANTARA) - Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jemaat Elim Abepura, Kota Jayapura, Papua melaksanakan ibadah Malam Kudus Natal pada pukul 15.00 WIT dan 18.00 WIT, Minggu.

Perayaan ibadah malam kudus Natal berjalan lancar penuh hikmah kemudian pemuda dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Jayapura turut serta dalam membantu arus lintas selama pelaksanaan ibadah.

Pendeta Morets Welwawin dalam khutbahnya mengatakan ibadah malam kudus Natal identik dengan sebab esensi dari Natal tersebut ialah Allah mau menjumpai seluruh umat manusia.

"Itulah sebabnya dalam Injil mengatakan karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah menganugerahkan anaknya tunggal supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa melainkan peroleh hidup yang kekal," katanya.

Menurut Welwawin, hal tersebut disampaikan supaya iman orang Kristen tidak diombang-ambing kan tetapi juga melalui kesaksian Injil mau menyatakan kepada semua umat manusia bahwa Allah dalam Yesus Kristus adalah Allah sejarah.

"Dan Natal ini memastikan bahwa Allah itu benar-benar pernah hadir di dunia," ujarnya.

Baca juga: GPIB Immanuel Jakarta gelar ibadah malam Natal secara hibrida hari ini
Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023


Dia menjelaskan tema Natal kali ini yakni "Kemuliaan Allah di Tempat Yang Maha Tinggi Damai Sejahtera di Bumi" menunjukkan hanya dua aspek yang terlihat yakni kemuliaan bagi Allah dan damai di bumi.

"Sehingga melalui momen perayaan Hari Natal ini seharusnya kami semua bisa introspeksi diri masing-masing apa yang sebenarnya terjadi selama ini," katanya lagi.

Dia menambahkan perayaan Natal 2023 juga mengingatkan seberapa umat merasa penting untuk hidup di dalam kasih.

"Karena kalau kasih itu ada di dalam hati maka keadaan terpuruk sekalipun tidak akan merenggut kedamaian dari kita karena damai benar-benar ada di hati," ujarnya.

Dia mengatakan pesan natal yang disampaikan yakni muliakanlah Allah dalam setiap tindakan.

Baca juga: Forkopimda Sumut patroli skala besar memastikan keamanan malam Natal
Baca juga: Gereja St Yohanes Penginjil gelar misa malam Natal tatap muka terbatas
Baca juga: Gereja di Batam terapkan protokol kesehatan dalam ibadah malam Natal

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023