Jayapura (ANTARA) - Kalangan warga Muslim di Kota Jayapura, Papua melakukan ziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Islam Abepantai, Distrik Abepura setelah menjalankan Shalat Idul Fitri 1445 Hijrah, Rabu.

Seorang peziarah, Arie Tri Hartantyo, di Jayapura, Rabu, mengatakan ziarah kubur ke TPU sudah menjadi tradisi keluarganya setiap menyambut bulan puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri, untuk mendoakan arwah keluarga yang telah meninggal.

"Jadi ziarah kubur kami lakukan ketika memasuki bulan puasa dan saat perayaan Idul Fitri," katanya.

Baca juga: Usai shalat Id, warga padati TPU Pondok Ranggon

Dia mengaku melakukan ziarah kubur sekaligus membersihkan makam keluarga dan berdoa untuk arwah orang tua serta anaknya yang sudah meninggal.

"Apalagi momen Idul Fitri ini harus saling mendoakan sehingga sangat penting sekali bagi kami untuk mendoakan orang tua yang telah berpulang," ujarnya.

Peziarah lainnya yang warga berasal dari Kabupaten Sarmi, Papua, Nurcahya, mengaku berziarah ke TPU Islam Abepantai  untuk mendoakan arwah keluarga yang sudah meninggal.

Tradisi itu, kata dia, dilakukan pada awal puasa Ramadhan dan saat Lebaran.

"Yang utama saat ziarah kubur, yaitu berdoa dan membersihkan makam yang telah ditumbuhi rumput," katanya.

Sejumlah warga setempat yang asli Papua memanfaatkan kegiatan umat Islam ziarah kubur saat Idul Fitri dengan berjualan bunga dan air di kompleks TPU setempat. 

Baca juga: Umat Muslim di Timika ziarah ke TPU usai Shalat Id 1445 Hijriah
Baca juga: Ratusan umat Islam Abepantai Jayapura pawai obor sambut Idul Fitri

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024