Untuk cabang olahraga golf, Thailand merupakan tim yang paling diperhitungkan
Bogor (ANTARA News) - Tim Golf Indonesia yang diterjunkan dalam SEA Games XXVI 2011 bertekad meraih emas, untuk memperbaiki prestasi buruk pada beberapa kali Pesta Olahraga Asia Tenggara sebelumnya.

"Prestasi tim golf Indonesia pada beberapa SEA Games kurang menggembirakan. Pada SEA Games XXV di Laos, kita hanya meraih medali perunggu," kata Dian Mariyun, panitia pertandingan Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang juga Panpel Golf SEA Games 2011 di Bogor, Senin.

Menurut Dian Mariyun, golf Indonesia menghadapi persaingan ketat dari negara-negara peserta SEA Games lainnya. Pasalnya peta kekuatan berimbang.

Dari 11 negara peserta SEA Games 2011, sembilan negara mengirimkan atlet-atletnya pada cabang golf, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Dua negara lainnya, yaitu Brunei, dan Timor Leste, tidak mengirimkan utusannya.

Masing-masing negara menyertakan dua tim, yaitu putra dan putri. Tim putra beranggotakan empat orang, sedangkan putri tiga orang.

Dian mengemukakan, dari sembilan negara yang mengikuti pertandingan golf, Thailand merupakan tim yang paling diperhitungkan dan patut diwaspadai.

"Untuk cabang olahraga golf, Thailand merupakan tim yang paling diperhitungkan. Pada SEA Games XXV, mereka mendominasi peraihan medali golf," paparnya.

Namun Dian optimistis Indonesia bakal mampu meningkatkan prestasinya di SEA Games kali ini. Persiapan khusus yang dilakukan tim golf Indonesia melalui pelatnas yang digelar selama delapan bulan, yaitu mulai Maret hingga Oktober 2011, diyakini akan berdampak positif bagi perkembangan atlet-atlet yang diterjunkan di SEA Games.

"Kami berupaya meningkatkan prestasi. Kalau pada SEA Games lalu Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu, kali ini diharapkan meraih emas," terangnya.

Lokasi pertandingan Cabang Olahraga Golf SEA Game XXVI dipusatkan di New Course Score Card, Jagorawi Golf and Country Club, Jalan Kranggan, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Indonesia menerjunkan dua tim, yakni  Tim putra berkekuatan empat orang, terdiri dari Ian Andrew, George G, Rinaldi, dan Suprapto. Sedangkan tim putri beranggotakan tiga orang, yaitu Tatian W, Juriah, dan Ika Woro.

Pertandingan golf dimulai sejak Senin dari pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB, dan akan berlangsung hingga Kamis mendatang.

Cabang Golf memperebutkan empat medali emas, yakni putra individu, putra beregu, putri individu, dan putri beregu.

(ANTARA-053/T004/Z002) 

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2011