Balikpapan (ANTARA News) - Bek Persiba Rachmat Latief menjadi pahlawan kemenangan Beruang Madu setelah tendangan kerasnya tak mampu ditahan kiper Arema Komang Arya di menit ke-73. Persiba menang 2-1 di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Sabtu.

Rachmat sukses memanfaatkan kemelut di mulut gawang Arema dan mengubah skor yang semula imbang 1-1.

Kebangkitan Persiba diawali oleh serangan cepat yang dimotor il capitano Aldo Baretto. Gol berawal dari umpan yang dilepaskan ke mulut gawang, yang gagal dimaksimalkan Aldo Barreto. Namun, bola liar jatuh ke depan Kenji Adachihara. Reflek, Kenji menyepak bola tersebut ke gawang Arema. Skor 1-1

Sebelumnya, Arema sempat membuat supporter tuan rumah terdiam lewat gol Marcio Souza di menit ke-35. Souza mampu mencuri gol setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persiba yang terlihat salah komunikasi dan saling menunggu hingga membiarkan bola liar disambar striker gempal tersebut.

Dengan kemenangan ini, Persiba kini mengantongi 4 poin dan naik ke peringkat ketujuh klasemen ISL musim 2011/12 ini. Arema sendiri harus pulang dengan tangan hampa. Dan Arema pun harus puas berada di dasar klasemen.

Persiba sempat kesulitan menembus barisan belakang Arema yang dikawal Pierre Patrick Seme. Bahkan, Arema yang berambisi mencuri kemenangan di kandang Persiba langsung menyerang lewat dua pemain sayap, Dudi Hidayat dan Firmansyah Aprillianto, yang kemudian membuahkan gol Souza.

Perubahan taktik Persiba di babak kedua mengagetkan Arema. Serangan cepat yang dimotori kapten tim, Aldo Baretto mampu diselesaikan dengan baik oleh Kenji Adachihara menjadi gol di menit ke-40. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Sukses menyamakan kedudukan, Persiba makin mendominasi jalannya pertandingan. Arema yang bermain panik setelah gol cepat di awal babak kedua tersebut semakin membuat serangan Persiba semakin deras. Serangan demi serangan yang dibangun Persiba akhirnya kembali berbuah gol.

"Anak-anak sudah main maksimal hari ini. Mereka bisa bangkit dari ketertinggalan dan bahkan mampu membuat gol kemenangan," puji pelatih Hariyadi usai pertandingan.

Bagi Rachmat Latif, ini adalah gol keduanya musim ini. Untuk seorang bek, mencetak dua gol di tiga pertandingan tentu sebuah prestasi tersendiri.

"Gol itu buat seluruh pendukung Persiba yang tak kenal lelah mendukung kami," kata Rachmat di kamar ganti Persiba.


Susunan Pemain

Persiba: Made Wirawan, Supriyadi, Iqbal Samad (Tomislov Labudovic), Rachmat Latief, Syaiful A, Achmad Sembiring, Sultan Samma, Dwi Joko, Matsunaga, Aldo Baretto, Kenji Adachihara.

Arema: Ngurah, Kery Yudiono, Charis Yulianto (c), Pierre Patrick Seme, Khusnul Yuli, Kim Yong Hee, Steven Lewis Hesketh, Dudi Hidayat, Ferry Aman Saragih, Firmansyah Aprillianto, Marcio Souza. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011