Yogyakarta (ANTARA News) - Muhammadiyah hingga usianya yang ke-102 tahun telah banyak memberikan perubahan kepada masyarakat dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, dan aspek kehidupan lainnya, kata Ketua Umum organisasi kemasyarakatan Islam itu, Din Syamsuddin.

"Dengan demikian, Muhammadiyah menjadi sebuah gerakan perubahan bagi kehidupan masyarakat di Indonesia," katanya pada peringatan Milad Ke-102 Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Minggu.

Menurut dia, perubahan tersebut tidak semata datang dengan sendirinya tetapi berkat kerja sama yang telah dilakukan mulai dari pimpinan ranting, cabang, dan wilayah Muhammadiyah.

"Perubahan itu adalah hasil kerja sama seluruh elemen dalam Muhammadiyah mulai dari pimpinan ranting, cabang, dan wilayah Muhammadiyah yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perubahan tersebut meliputi berbagai bidang yang mencakup kehidupan masyarakat. Contoh perubahan dalam bidang pendidikan ditandai dengan lahirnya institusi pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi yang memilikikualitas yang baik dan masih banyak perubahan dalam bidang lainnya.

"Dalam perjalanan 102 tahun ini banyak rahmat dan nikmat yang diberikan Allah SWT. Dengan usia 102 tahun ini tentu banyak limpahan rahmat yang telah diberikan, maka dari itu kita harus terus bersyukur atas segala rahmat dan nikmat yang telah dilimpahkan kepada Muhammadiyah," katanya.

Ia mengatakan apa yang telah dicapai Muhammadiyah sampai saat ini akan tetap dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi demi kemaslahatan umat.

"Semoga apa yang telah dicapai Muhammadiyah sampai dengan saat ini dapat terus dipertahankan dan diperbarui sesuai dengan apa yang diharapkan oleh umat dan Muhammadiyah dapat terus berkiprah sebagai gerakan dakwah yang membawa perubahan," kata Din.

Peringatan Milad Ke-102 Muhammadiyah itu dihadiri ribuan kader organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam tersebut di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan daerah sekitarnya.

(L.B015*H010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011