Toyota (ANTARA News) - Neymar memperlihatkan alasan mengapa ia menjadi pemain paling diinginkan di luar Eropa, ketika ia memimpin timnya memenangi pertandingan semifinal Piala Dunia Klub, Rabu, yang membuat Santos kemungkinan besar akan berhadapan dengan Barcelona di partai final.

Semua pembicaraan sebelum laga semifinal melawan klub tuan rumah, Kashiwa Reysol, selalu terkait Neymar (19), dan ia tidak mengecewakan. Neymar mencetak gol pertama yang sensasional, pada pertandingan yang dimenangi Santos dengan skor 3-1.

Ia kemungkinan akan bertemu Barcelona dan Lionel Messi pada final Minggu. Namun sebelumnya, juara Eropa tersebut harus mampu mengatasi perlawan klub Qatar, Al Sadd, pada semifinal lain pada Kamis (15/12).

Neymar, pemain internasional Brazil yang telah dihubung-hubungkan dengan banyak klub raksasa Eropa dan dibandingkan dengan penyerang Argentina, Messi, hampir mencatatkan nama di papan skor pada menit kelima. Tetapi tembakan rendahnya masih memantul ke atas mistar gawang.

Ia akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-19.

Neymar menguasai bola, dengan punggungnya menghadap ke gawang, melakukan gerakan tipuan, dan dari luar kotak penalti melepaskan tembakan melengkung kaki kiri yang kemudian bersarang di sudut atas gawang Kashiwa. Kiper Takanori Sugeno tidak memiliki kesempatan untuk menghalau bola.

Lima menit kemudian, juara Amerika Selatan tersebut menggandakan keunggulan ketika penyerang Borges, yang sangat tajam pada tahun lalu, berhasil melepaskan diri dari pengawalnya, dan menembak ke dalam sudut lain dari gawang Sugeno.

Juara Jepang, Kashiwa, yang memiliki sosok asal Brazil dalam diri pelatih Nelsinho dan pemain terbaik Liga Jepang, Leandro Domingues, tersentak.

Tetapi mereka gagal menemukan ritme permainan dan mereka juga tidak mampu menciptakan peluang bagus ke gawang Santos, di depan fans Kashiwa yang mengenakan kostum kuning, yang berjumlah 29.173 orang.

Santos berpeluang membuat skor menjadi 3-0, satu menit setelah babak kedua dimulai. Tetapi Sugeno menyelamatkan gawangnya dengan kaki dari ancaman Danilo.

Pada menit ke-54 Kashiwa berhasil mencuri satu gol. Ketika Jorge Wagner, pemain Brazil lain yang membela Kashiwa, mengirim bola dari sudut yang mampu diteruskan bek Hiroki Sakai - yang sedang dihubung-hubungkan dengan kepindahan ke Santos - ke dalam gawang klub Brazil tersebut.

Tetapi harapan Kashiwa untuk kembali ke jalur berakhir sembilan menit kemudian, ketika Danilo mengeksekusi tendangan bebas langsung. Sepakannya melengkung menghindari pagar betis pemain Kashiwa, dan berakhir di gawang Sugeno.

Juara liga Jepang tersebut masih belum mau menyerah. Tembakan Masakatsu Sawa menerpa tiang gawang, sementara pemain pengganti Santos, Ibson, melepaskan sepakan yang masih menghantam mistar.

Sebelumnya, klub Meksiko, Monterrey mengunci peringkat kelima setelah menyingkirkan juara Afrika, Esperance, dengan skor 3-2.

Juara CONCACAF tersebut sempat tertinggal pada pertandingan yang terbuka dan menghibur tersebut, tetapi mereka mampu membalikkan keadaan dalam tempo sembilan menit, demikian AFP.
(H-RF/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011