Kami juga berharap ke depan koperasi ini juga diberi hak untuk mengelola hutan, pertambangan maupun potensi alam lainnya, sehingga tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang diberi peluang,"
Malang (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengemukakan, pasar bebas tidak cocok dengan kondisi Indonesia.

"Penerapan pasar bebas di Indonesia seharusnya tidak semua potensi ekonomi yang ada diserahkan pada pasar. Ada banyak potensi ekonomi yang harus tetap dilindungi untuk menguatkan perekonomian nasional, termasuk koperasi," tegas Nurdin Halid disela-sela acara Rakornas Dekopin di Batu, Jawa Timur, Rabu.

Dia mengemukakan  sampai saat ini para pengambil kebijakan belum menyentuh keberadaan koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi yang cukup penting untuk memperkokoh perekonomian bangsa.

Nurdin mengatakan  pihaknyaa mendorong pemerintah menciptakan regulasi  demi bangkitnya perkoperasian di Tanah Air.

"Kami juga berharap ke depan koperasi ini juga diberi hak untuk mengelola hutan, pertambangan maupun potensi alam lainnya, sehingga tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang diberi peluang," tegasnya.
(E009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012