Senin, 24 November 2014

Yahoo akan hapus fitur chat rooms YM

| 12.843 Views
id yahoo inc, yahoo messenger, fitur yahoo messenger, fitur chat rooms, public chat rooms
Yahoo akan hapus fitur chat rooms YM
Ilustrasi (konstructr.com)
Jakarta (ANTARA News) - Yahoo! Inc menyatakan akan menghapus fitur ruang obrol publik (public chat rooms) pada layanan perpesanannya yang lebih dikenal dengan Yahoo Messenger (YM).

Yahoo akan menghapus fitur YM yang bernama Public Chat Rooms pada 14 Desember mendatang, kata Yahoo dalam satu pernyataan yang di-posting di blog Yahoo Messenger, baru-baru ini.

Yahoo mengatakan akan fokus membuat produk-produk yang cantik dan lebih bermakna bagi pengguna. "Kadang-kadang, .....kita harus membuat keputusan sulit--seperti menutup fitur yang kami rasa tidak menambahkan cukup nilai bagi Anda," katanya.

Yahoo telah memutuskan untuk tidak melanjutkan beberapa fitur pada produk Yahoo. Itu memungkinkan bagi Yahoo untuk kembali memfokuskan upayanya dalam modernisasi produk-produk inti, dan tentu saja membuat yang baru.

Selain ruang obrol publik, Yahoo juga akan menghentikan fitur Pingbox. Juga mulai 14 Desember mendatang fitur Pingbox sudah tidak lagi di YM.

Bagi pengguna yang telah menginstal Pingbox pada blog dan akun jejaring sosialnya, Yahoo telah menyediakan panduan tentang bagaimana untuk menghilangkannya (uninstall).

Fitur interoperabilitas YM dengan Microsoft Windows Live Messenger juga akan dihilangkan oleh Yahoo. Rekan Anda yang menggunakan Windows Live Messenger akan tetap ada dalam daftar kontak, tapi bila Anda mengirimkan pesan, pesan itu tidak akan ia terima.

YM termasuk salah satu layanan obrolan yang lebih dulu ada, diluncurkan pada 1998.

Menurut laporan BBC, Yahoo sebelumnya juga menutup sejumlah chat rooms, termasuk "girl 13 & up for much older men", "teen girls for older fat men", dan "8-12 yo (year-old) girls for older men".

Beberapa chat room itu terdapat dalam kategori obrolan "Schools and education" dan "Teen".

Perusahaan kemudian mengumumkan bahwa layanan itu hanya untuk pengguna berusia 18 tahun atau lebih.

Sejumlah website yang menyediakan layanan online chat juga terlibat dalam skandal sex di bawah umur.

Pada Juni lalu, Habbo Hotel, sebuah jejaring sosial populer untuk anak-anak, menghentikan sementara fungsi obrolan dalam layanannya, menyusul klaim adanya pelaku paedophil yang menggunakan hotel virtual itu untuk merayu anak laki-laki berhubungan sex.

Popularitas YM di Indonesia sekarang mungkin telah berkurang karena situs jejaring sosial terpopuler, Facebook, juga menyediakan fitur obrolan dengan teman, meskipun Yahoo juga telah menyediakan YM in Facebook.  

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga