Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat diimbau menggunakan sabun saat mencuci tangan karena perilaku ini mampu menurunkan risiko terkena diare hingga 47 persen, kata Kasubdit Pengamanan Limbah, Udara dan Radiasi Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Cucu Cakrawati.

Usai menghadiri acara bertajuk "Sekolah Sehat Awal Terwujudnya Lingkungan Sehat" di Jakarta, Rabu, dia mengatakan Kementerian Kesehatan berupaya menekan angka penyakit diare melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"Dengan program STBM, angka penyakit diare kecenderungannya menurun," katanya.

Upaya tersebut terkait dengan target Millenium Development Goals (MDG`s) keempat yakni mengurangi jumlah kematian balita di mana diare adalah penyebab kematian terbesar bayi dan balita.

Sanitasi yang kurang memadai ditambah rendahnya budaya perilaku hidup bersih dan sehat berdampak tidak hanya pada sisi kesehatan, tetapi juga pendidikan dan ekonomi.

Saat ini penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia karena morbiditas dan mortalitasnya yang tinggi.  Namun,Kemkes mengklaim telah berhasil menerapkan program STBM di delapan ribu desa di seluruh Indonesia.

(A064/A025)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012