....tidak ada satu pasal dalam Perpres tersebut yang memberikan kewenangan kepada Dipo Alam untuk mencampuri kerja kabinet dan ini masalah serius."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Lily Wahid melaporkan Sekretaris Kabinet Dipo Alam ke Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan wewenang.

"Saya datang ke Bareskrim Polri karena dia (Dipo, red)  memaksakan kewenangan pada orang lain," kata Lily sebelum masuk ke Gedung Bareskrim Mabes Polri Jakarta, Jumat.

Menurut Lily, Dipo tidak punya wewenang untuk mengim surat edaran kepada menteri-menteri karena tugas dia hanya memantau, mengevaluasi, menganalisa kerja kabinet, dan menyampaikan ke presiden.

"Dia tidak punya hak eksekusi, karena dia dibentuk hanya dengan Perpres Nomor 82 Tahun 2010 dan tidak ada satu pasal dalam Perpres tersebut yang memberikan kewenangan kepada Dipo Alam untuk mencampuri kerja kabinet dan ini masalah serius," kata Lily.

Adik Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu mengatakan bahwa tindakan Dipo Alam adalah  masalah ketatanegaraan yang serius.

Lily mencontohkan Dipo Alam mengirim surat kepada Menteri Keuangan, padahal  menurut Lily, Dipo tidak punya kewenangan itu.

"Isi suratnya soal optimalisasi anggaran, ini bukan soal optimalisasi anggaran, tapi soal ketatanegaraan di mana sebuah lembaga yang diketuai berdasarkan perpres bisa masuk terlalu jauh sampai memblokir anggaran dan sebagainya," kata Lily.

(S035/N002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012