Sabtu, 25 Oktober 2014

Pertamina temukan cadangan migas di Langkat

| 3.152 Views
id Agus Amperianto, Pertamina EP, Pertamina, eksplorasi Benggala
Pertamina temukan cadangan migas di Langkat
Dokumen foto kegiatan Pertamina EP. (ANTARA/Yudhi Mahatma)
"Kita temukan cadangan minyak dan gas di bumi Langkat."
Langkat (ANTARA News) - Pertamina EP temukan cadangan minyak dan gas (migas) di Kabupaten Langkat Sumatera Utara (Sumut), yang mencapai 13,2 juta standar kaki per hari (million cubic feet per day/MMSCFD) dan kondesat 857,5 BCPD dengan kedalaman 3.150 MD.

"Kita temukan cadangan minyak dan gas di bumi Langkat," kata Manager Hubungan Masyarakat Pertamina EP, Agus Amperianto, di Dusun VII Desa Tanjung Jati Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Kamis.

Disampaikannya bahwa pengeboran sumur eksplorasi Benggala (BGL) 1 sangatlah membanggakan karena dari hasil uji produksinya diperoleh kandungan migas dari gas bumi mencapai 13,2 juta standar kaki per hari (standard cubic feet per day) dan kondesat 857,5 barel kondesat per hari (barrels of condensate per day/BCPD).

Agus menjelaskan, dari 11 titik yang diuji dengan 154 hari pengeboran dari awal sampai hari ini sudah dilakukan sembilan titik, dan tersisa dua titik yang belum dapat diketahui pasti berapa standar selanjutnya.

Tim Pertamina EP, menurut dia, menghargai dan berterima kasih atas kepedulian Bupati Langkat yang mau langsung meninjau lokasi sumur.

"Kiranya hal ini mampu menambah semangat kerja tim untuk terus menggali potensi kandungan gas bumi yang ada di Desa Tanjung Jati itu, bahkan menemukan potensi di daerah lainnya," katanya.

Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu, mengemukakan rasa senangnya atas temuan kandungan minyak dan gas bumi itu.

"Selaku pimpinan pemerintahan di Langkat, saya merasa senang dan siap mendukung proses eksplorasi ini," katanya.

Ngogesa berharap, Pertamina tetap menjaga kestabilan alam dalam proses eksploitasi tersebut.

Ia juga mengemukakan, kedatangan mereka bertujuan meninjau sejauh mana eksplorasi yang telah dilakukan oleh tim dari Pertamina, dan berharap Pertamina dapat memberikan laporan terhadap hasil pelaksanaan eksplorasinya.

"Penemuan ini harus kita syukuri sebagai kekayaan alam Langkat untuk kesejahteraan masyarakatnya," ujar Ngongesa.

Selain itu, ia berharap,  ke masa depan Pertamina EP dapat menemukan lagi sumur migas di lokasi lain di wilayah Langkat.

"Pemerintah tetap mendukung, kita berdoa semoga Langkat dapat mengulang sejarah sebagai penghasil migas, seperti di Pangkalan Brandan," ujarnya menambahkan.
(T.ANT-218/R010)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga