Beijing (ANTARA News) - Pimpinan Partai Komunis China, Xi Jinping, meminta semua pihak, termasuk lembaga peradilan dan lembaga keamanan publik, untuk memerangi korupsi dan ketidakadilan.

Xi dalam pernyataan tertulis yang disampaikan pada konperensi hukum dan politik di Beijing, Senin, mendesak agar hukum benar-benar ditegakkan dalam memerangi korupsi, termasuk dalam proses peradilan korupsi.

Ia meminta kepada semua aparat, lembaga hukum dan peradilan, serta lembaga keamanan publik untuk dapat memastikan adanya keadilan dalam setiap penyelesaian kasus hukum dan korupsi di pengadilan, sekaligus mewujudkan sistem sosialis berkarakterisik china yang stabil dan harmonis.

Xi mendesak semua lembaga hukum untuk benar-benar melakkan reformasi dalam sistem hukum dan peradilan, mengawasi kinerja aparat kepolisian, dan meningkatkan kemampuan penegakan hukum untuk menjamin kepuasan, rasa aman, sekaligus memenangkan kepercayaan publik.

Ia menekankan bahwa setiap lembaga hukum memiliki peran penting untuk menjaga keamanan nasional dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan sosial nasional yang stabil, serta kehidupan masyarakat yang damai.

Xi menambahkan setiap lembaga hukum harus mengakomodasi aspirasi publik tentang keamanan sosial, keadilan peradilan, serta melindungi hak dan kepentingannya untuk membangun China yang damai berdasarkan hukum.

Secara umum, dia juga mengimbau masyarakat China untuk membangun sistem hukum sosialis yang efisien dan kredibel, dan meningkatkan komunikasi dengan peningkatan teknologi dan ilmu pengetahuan media dalam melawan korupsi.
(T.R018/D007)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013