Kita harus dibantu karena dana dari pemerintah terbatas"
Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menerima dukungan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) untuk menunjang kegiatan olahraga pada berbagai cabang internasional baik dalam maupun luar negeri.

"Kita harus dibantu karena dana dari pemerintah terbatas," kata Ketua Umum KOI Rita Subowo pada  penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan KADIN di kantor KOI, Jakarta, Rabu.

"Peran serta dari KADIN adalah bentuk kepedulian yang harus kita apresiasi. Kami berharap bantuan yang diberikan akan dijawab dengan prestasi yang maksimal oleh atlet-atlet Indonesia di event-event yang akan mereka ikuti," ujarnya.

Menurut Rita, kerjasama dengan KADIN tak hanya meningkatkan perkembangan olahraga tetapi juga memajukan aspek lain seperti industri, budaya, bahkan pariwisata.

Ketua Komite Tetap Pengembangan Industri Olahraga KADIN Iman Arif menilai kerjasama yang akan berlangsung hingga 2016 ini berawal dari rencana KADIN menggalakkan industri olahraga.

"Dengan adanya peningkatan event olahraga maka industri juga akan berkembang. Bahkan kita juga mengembangkan budaya dan pariwisata lewat konsep kerjasama yang akan kita lakukan," kata Iman.

Iman mengakui konsep kerjasama ini belum rinci benar, namun berkaca dari SEA Games lalu, kerjasama tidak hanya dalam bentuk dana tunai.

"Bisa juga sponsor, merchandise, event, gala dinner, ticketing. Nanti kami bahas lagi," ujar Iman.

Tahun ini, banyak event multicabang bertaraf internasional di dalam dan luar negeri yang akan diikuti atlet-atlet Indonesia dengan dana yang tidak sedikit.

Beberapa event penting yang akan diikuti Indonesia tahun ini antara lain Islamic Solidarity Games III di Pekanbaru pada 6-19 Juni 2013, Asian Indoor and Martial Art Games IV di Korea Selatan Juli 2013, Asian Youth Games II pada 16-24 Agustus 2013 di Nanjing, serta SEA Games XXVII di Myanmar, Desember 2013.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013