Saya ingin meningkatkan teknik saya di sana nanti, supaya dapat menunjang performa di Kejuaraan Asia Mei 2013 atau series dunia di tahun ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Dua pebalap BMX Indonesia Toni Syarifudin dan Elga Kharisma akan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) di Swiss pada Maret hingga Juli 2013.

Toni di Jakarta, Jumat, mengatakan dirinya dan Elga mendapat undangan untuk berlatih di Swiss guna meningkatkan performa bersama pelatih resmi dari UCI. Latihan di Swiss merupakan yang ketiga kali untuk Toni dan Elga setelah 2011 dan 2012.

"Saya ingin meningkatkan teknik saya di sana nanti, supaya dapat menunjang performa di Kejuaraan Asia Mei 2013 atau series dunia di tahun ini," ujar Toni yang berasal dari Jawa Tengah.

Toni yang baru saja pulih dari cedera ligamen, berharap latihan di Swiss tahun ini membuka peluangnya untuk tampil maksimal di beberapa kejuaraan mendatang. Salah satu ajang terdekat dan prestisius yang akan diikuti Toni dan Elga adalah Kejuaraan Aia BMX di Singapura Mei 2013.

"Mei nanti kami juga akan pulang dulu ke Indonesia untuk bersiap ke Singapura mengikuti Kejuaraan Asia," katanya.

Elga mengatakan latihan bersama pelatih Thomas A dari UCI di Swiss nanti menjadi kesempatan emas untuk menempa teknik dan fisik sebagai persiapan untuk Kejuaraan Asia dan SEA Games 2013 Myanmar.

"Selain ajang itu juga memang ada series untuk dunia. Semoga poin kami bisa mencukupi untuk mengikuti itu," kata Elga yang berasal dari Jawa Timur.

Toni dan Elga dijadwalkan berangkat Jumat malam ini dan akan mengikuti pelatihan di Swiss hingga 31 Juli mendatang.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Sofyan Ruzian mengatakan keberangakan ketiga untuk Tony dan Elga ini menjadi kesempatan penting untuk meningkatkan performa agar dapat bersaing di Kejuaraan BMX dan meraih poin untuk kualifikasi Olimpiade.

"Mereka dapat undangan untuk `high performance training`, ini kesempatan baik untuk atlet kita di pelatnas," ujarnya.

Selain itu, kematangan Elga dan Toni juga akan sangat berpengaruh pada ajang SEA Games 2013. Mereka akan bertemu pesaing utama Filipina, Thailand dan Malaysia yang juga melakukan persiapan maksimal.

Toni merupakan andalan Jawa Tengah dalam PON 2012. Dia juga terakhir mencatat prestasi gemilang dengan meraih perak di Kejuaraan Asia BMX pada 2008 di Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan Elga merupakan peraih emas di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang lalu dan di tahun yang sama dia berhasil menjuarai Thailand Open.

(I029/A013)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013