Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo di Penjaringan, Jakarta Utara, yang baru saja dibenahi dapat melahirkan bibit baru atlet olahraga sepeda.

"RTH ini bisa dimanfaatkan oleh semua komunitas yang ada di Jakarta," kata Heru saat meninjau RTH Kalijodo di Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu.

Seperti yang dilihat Heru, komunitas sepeda BMX untuk skateboard juga sudah memanfaatkannya dengan baik. "Katanya ada anak asli Kalijodo yang berprestasi di BMX, berprestasi di skateboard. Ya mungkin bisa tumbuh atlet-atlet BMX lainnya dari sini," katanya.

Dalam peninjauannya, Heru mengapresiasi hasil penataan RTH Kalijodo yang semakin indah setelah direvitalisasi sejak tiga bulan yang lalu.

Heru juga menyaksikan perlombaan dan adu tangkas antarwarga, yakni melalui permainan skateboard dan sepeda BMX di area Skate Park di kawasan RTH Kalijodo.

Baca juga: Distamhut DKI anggarkan dana Rp1,7 miliar untuk tata RPTRA Kalijodo
Baca juga: Heru perintahkan Dinas Pertamanan DKI segera perbaiki RPTRA Kalijodo


Ia menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen menambah RTH melalui penataan taman di setiap kelurahan serta didukung melalui konsistensi penanaman pohon setiap minggunya.

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta juga masih banyak memiliki ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai RTH. "Beberapa di antaranya segera dibangun taman yaitu di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat," katanya.

Ia menambahkan, pengawasan RTH Kalijodo akan melibatkan setiap lapisan masyarakat dari tingkat RT/RW, kelurahan hingga tingkat kota.

Hal ini bertujuan agar setiap fasilitas yang sudah ditata dapat terus dirawat dan dijaga sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk kegiatan positif.

Ia berharap RTH Kalijodo menjadi tempat bagi komunitas skateboard dan BMX untuk mengaktualisasikan diri hingga bisa mewakili Jakarta dan nasional dalam kejuaraan bergengsi.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023