Jakarta (ANTARA) - Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto bersinergi membersihkan aliran Ciliwung di RPTRA Kalijodo, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pangdam Jaya mengatakan kegiatan membersihkan aliran Ciliwung di Kalijodo itu dalam rangka pesta rakyat dengan kegiatan perlombaan khas 17 Agustus yang diikuti masyarakat setempat sebagai ungkapan rasa syukur terhadap HUT Ke-78 RI.

"Kami bersinergi dengan Polda Metro Jaya, Pemda DKI Jakarta dan masyarakat lainnya untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung sejak 14 Agustus sampai 19 Agustus 2023," katanya.

Baca juga: Aparat bantu warga bersihkan lumpur sisa banjir di Pejaten Timur

Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya bersama Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyerok sampah di aliran sungai dari perahu karet.

Kegiatan itu diikuti sekitar 2.000 personel gabungan Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta masyarakat dan unsur terkait lainnya yang bertugas membersihkan bantaran Kalijodo.

Hasan berharap dengan berkegiatan bersama, kepedulian terhadap kebersihan aliran Sungai 
Ciliwung meningkat. Kepedulian tersebut mengurangi potensi banjir di Jakarta serta menjaga lingkungan hidup tetap sehat dan menyehatkan.

"Kami coba mengingatkan kembali tentang pentingnya kebersihan Sungai Ciliwung dengan mengerahkan berbagai unsur TNI-Polri dan masyarakat dengan unsur-unsur lainnya untuk sungai yang kita cintai ini," kata Hasan.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BEM UI bersihkan Sungai Ciliwung

Menanggapi persoalan yang dirasakan di Jakarta saat ini terkait polusi udara, menurut Hasan, udara Jakarta akan lebih segar jika semua pihak mau bahu-membahu di dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

"Apalagi Jakarta akan menggelar KTT Asean Plus pada 5 September," kata Hasan.

Hasan mengimbau masyarakat lebih banyak menggunakan angkutan umum daripada mengendarai sepeda motor atau membawa mobil, sebagaimana imbauan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Kodam Jaya juga siap mendukung kebijakan yang diambil Pemprov DKI Jakarta dalam menangani persoalan tersebut termasuk mengenai kewajiban kendaraan mengikuti uji emisi.

Uji emisi, menurut Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, memberi kepastian bahwa kendaraan yang melintas di Jakarta sudah dicek kandungan emisinya serta selalu diservis secara berkala.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023