Teheran (ANTARA News) - Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika, Hossein Amir-Abdollahian di Teheran, mengecam berlanjutnya kejahatan rezim Zionis di wilayah tersebut, termasuk serangannya pada Jumat (8/3) terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsha.

Liga Arab diharapkan membantu menyelesaikan masalah Dunia Arab dan memperhatikan masalah Palestina sebagai masalah utama Dunia Islam, kata Amir-Abdollahian, Sabtu, sebagaimana dikutip IRNA.

Dalam kesempatan terpisah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast juga mengutuk serangan pasukan rezim Zionis terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsha, Jumat.

Ia menyeru semua lembaga internasional untuk memperlihatkan reaksi terhadap aksi brutal yang melukai banyak orang tersebut.

Mehmanparast mendesak lembaga regional dan internasional, badan hak asasi manusia khususnya, untuk secara sungguh-sungguh menanggapi tindakan agresif rezim Zionis dengan menodai tempat suci umat Muslim.

Ia menambahkan reaksi lemah masyarakat internasional terhadap tindakan brutal semacam itu akan mendorong rejim Zionis untuk melanjutkan kejahatannya.

Suriah

Sementara itu Wakil Menlu Iran tersebut, yang mengecam pembekuan keanggotaan Suriah di Liga Arab, menyerukan penyelesaian diplomatik bagi masalah Suriah.

Ia kembali menyatakan berlanjutkan aksi teror di Suriah akan sangat merusak keamanan regional, konsekuensi yang tak menguntungkan dan akan ditanggapi dengan campur tangan negara adidaya.

Penerjemah : Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013