Senin, 22 Desember 2014

Tontowi-Liliyana pertahankan gelar juara All England

| 5.763 Views
id Tontowi-Liliyana, all england, tontowi-liliyana menang all england, tontowi-liliyana pertahankan gelar
Tontowi-Liliyana pertahankan gelar juara All England
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (ANTARA)
Kami berusaha main se-enjoy mungkin
Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil mempertahankan gelar juara di turnamen bulu tangkis All England Superseries Premier, Minggu sore waktu setempat (Senin dini hari WIB).

Pasangan peringkat dua dunia itu mengalahkan ganda campuran asal China, Zhang Nan-Zhao Yunlei langsung dua game 21-13, 21-17 dengan iringan dari dukungan puluhan suporter Indonesia yang memenuhi National Indoor Arena, Birmingham, Inggris.

Sempat tertinggal 0-2, Tontowi-Liliyana berhasil menyamai kedudukan 4-4 kemudian terus unggul 6-4. Pertahanan Nan-Yunlei pun mulai goyah sementara Tontowi-Liliyana mulai mengendalikan permainan.

Tontowi yang tampil cemerlang mencetak angka dari hujaman smes-smes kerasnya yang sering gagal dikembalikan lawan. Pasangan China peringkat 5 dunia itu dibuat kewalahan dengan pola permainan Tontowi-Liliyana yang kerap berubah posisi. Tontowi-Liliyana mengunci kemenangan pada game pertama dengan skor 21-13.

Zhang-Zhao hanya mampu bangkit sesaat di game kedua dengan unggul kembali di awal pertandingan. Namun duet Tontowi-Liliyana semakin solid. Liliyana yang sempat melakukan beberapa kali eror di game pertama, mulai terlihat nyaman dengan permainannya pada game kedua.

Perlawanan dari ganda China sempat membuat reli panjang namun smes keras dari Liliyana memecah kebuntuan sehingga mereka unggul 7-3. Tontowi-Liliyana terus melaju hingga 12-7 dengan penampilan Tontowi yang masih agresif.  

Meski sempat dikejar ketat pada skor 12-10, namun kesalahan yang kerap dilakukan lawannya dari pukulan-pukulan sulit yang diberikan Tontowi maupun Liliyana membuat mereka tak lagi terkejar. Smes tajam dari Tontowi gagal dibalas baik oleh Yunlei yang akhirnya memberikan kemenangan bagi Tontowi-Liliyana 21-17.

"Kami sudah pernah mendspat gelar di All England jadi kami tidak berpikir final ini menjadi beban. Kami berusaha main se-enjoy mungkin," ujar Liliyana mengenai penampilan pernuh percaya diri yang mereka tampilkan.

Lewat kemenangann ini, Indonesia berhasil memboyong satu gelar dari kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu.

Berikut hasil final All England: 
Ganda putri Wang Xiaoli-Yu Yang (China) vs Cheng Shu-Zhao Yunlei (China) 21-18, 21-10
Ganda putra Liu Xiaolong-Qiu Zihan (China) vs Hiroyuki Endo-Kenichi Hayakawa (Jepang) 21-11, 21-9
Tunggal putri Tine Baun (Denmark) vs Ratchanok Intanon (Thailand) 21-14, 16-21, 21-10 
Tunggal putra Chen Long (China) vs Lee Chong Wei (Malaysia) 21-17, 21-18 
Ganda campuran Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir vs Zhang Nan-Zhao Yunlei 21-13, 21-17 

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga