Kami hanya main sekali di Banyuwangi sehingga semaksimal mungkin harus dimanfaatkan...
Banyuwangi (ANTARA News) - Tim putra Jakarta Electric PLN bertekad meredam ambisi tuan rumah Surabaya Samator untuk meraih kemenangan pada kompetisi bola voli BSI Proliga 2013 seri terakhir putaran pertama di GOR Tawang Alun, Banyuwangi, Sabtu (16/3).

Pelatih Jakarta Electric Viktor Laiyan kepada wartawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, mengatakan Samator merupakan tim yang solid dan sudah terbentuk sejak lama, selain juga didukung dua pemain asal Brasil yang memiliki kualitas bagus.

"Tidak mudah bagi kami untuk menaklukkan Samator, apalagi kekuatan tim kami di seri Banyuwangi ini juga tidak lengkap," kata Viktor yang salah satu pemain asingnya yakni Edinho Edison Candido sedang sakit, sehingga timnya tinggal bertumpu pada Diego Capolari Chiapetti untuk membantu pemain lokal.

Menghadapi tim tangguh seperti Samator, tambah Viktor, anak-anak asuhnya harus mampu mengontrol emosi dan memperkuat pertahanan, terutama blok-blok untuk menahan serangan lawan.

"Kami hanya main sekali di Banyuwangi sehingga semaksimal mungkin harus dimanfaatkan untuk meraih poin penuh," ujar mantan pelatih tim nasional ini.

Pertandingan Surabaya Samator dengan Jakarta Electric PLN menjadi penentuan untuk perebutan posisi puncak klasemen akhir putaran pertama. Hingga menyelesaikan lima laga, kedua tim sama-sama mengantongi nilai 10.

Kedua tim tertinggal dua angka dari pimpinan klasemen Palembang Bank Sumsel Babel yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian laga putaran pertama (enam pertandingan).

Untuk merebut juara putaran pertama, tim Samator atau Jakarta Electric harus meraih kemenangan telak dengan skor 3-1 atau 3-0 untuk mendapatkan tambahan nilai tiga.

Sesuai aturan Proliga, tim yang meraih kemenangan dengan skor 3-0 atau 3-1 memperoleh nilai tiga, dan tim kalah tidak dapat nilai. Sedang tim yang menang dengan skor tipis 3-2 mendapatkan nilai dua.

"Pertandingan lawan Jakarta Electric pasti akan ketat, karena kami sama-sama punya peluang untuk menjadi juara putaran pertama," kata Asisten Pelatih Surabaya Samator Ibarsyah Danu.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013