Sabtu, 1 November 2014

Paus: Jangan ke Roma, santunilah orang miskin

| 5.181 Views
id Vatikan, Paus Fransiskus, Paus Baru, Federico Lombardi, Basilika Santo Petrus, Roma, Argentina
Paus: Jangan ke Roma, santunilah orang miskin
Kardinal Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi Paus baru yang memilih nama Paus Fransiskus (Reuters)
Vatikan (ANTARA News) - Paus Fransiskus mengimbau warga Argentina untuk tak bersusah-susah pergi ke Roma demi mengikuti misa pelantikannya, sebaliknya meminta mereka menyumbangkan uang kepada orang miskin, demikian Vatikan seperti dikutip Reuters.

Juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi mengatakan Paus telah memanggil Duta Besar Vatikan di Buenos Aires pada malam dia terpilih dan mengutarakan harapannya itu.

Paus baru itu telah menyampaikan permintaan serupa kepada rekan-rekan sebangsanya ketika dia menjadi kardinal pada 2001 yang waktu itu Argentina menderita karena dampak krisis keuangan.

"Dia memanggil sang duta besar dan memintanya memberi tahu para uskup bahwa mereka (warga Argentina) tak perlu repot-repot menempuh perjalanan jauh nan mahal demi menyaksikan saya, namun mereka bisa menyumbangkan uangnya kepada kaum miskin," kata Lombardi mengutip Paus Fransiskus.

Misa pelantikan Paus Fransiskus akan diadakan pada 19 Maret nanti di Basilika Santo Petrus.

Paus baru ini memang terkenal sederhana. Dia kerap menggunakan angkutan umum di Argentina.

Malam ketika dia dipilih, Fransiskus menumpang sebuah bus dengan beberapa kardinal, ketimbang menggunakan limosin kepausan yang sudah menunggunya. 

Paginya dia melunasi tagihan penginapan kepada hotel milik Gereja di mana dia tinggal sebelum konklaf, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga