Kamis, 28 Agustus 2014

Pemerintah luncurkan Pekan Lingkungan Indonesia 2013

Kamis, 28 Maret 2013 18:21 WIB | 4.566 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) meluncurkan Pekan Lingkungan Indonesia 2013 dengan mengusung tema "Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan".

"Pekan Lingkungan Indonesia akan diselenggarakan pada 30 Mei-2 Juni 2013," kata Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup, Ilyas Asaad, di Jakarta, Kamis.

Ilyas mengatakan, tema tersebut sengaja diusung untuk membuka kesadaran masyarakat atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumberdaya alam termasuk pemanfaatan bahan makanan secara bijak.

Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3 persen berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya.

Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan dari daerah asal ke tempat tujuan.

Hasil studi Kementerian Lingkungan Hidup pada 2012 menunjukkan indeks perilaku peduli lingkungan masih berkisar pada angka 0,57 dari angka mutlak satu.

Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat belum berperilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

"Maka pada Pekan Lingkungan Indonesia 2013 yang merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kita berupaya tidak mengeluarkan sampah dari lokasi," tambah Ilyas.

Pekan Lingkungan Indonesia yang direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono digelar untuk ke 17 kalinya ini bersamaan dengan pameran CSR yang ke-lima dan pameran teknologi terbarukan yang ke-tiga.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan selama Pekan Lingkungan Indonesia seperti lomba menggambar dan mewarnai untuk anak sekolah yang akan diikuti 900 peserta, lomba foto lingkungan, Eco Driving Workshop dan rally yang akan diikuti 100 peserta mewakili kelompok masyarakat dan individu.

Lomba green musik, eco kreativ yang akan menampilkan produk-produk daur ulang dan ramah lingkungan, fun walk, dan fun bike serta seminar dan workshop.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga