Semarang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih mengatakan bahwa dari tiga pasangan calon gubernur yang ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan (KPU) Jateng, ada yang tidak diharapkan oleh masyarakat.

Rustriningsih dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Semarang, Kamis malam menyatakan pihaknya menyayangkan bahwa tidak semua calon gubernur yang ditetapkan hari ini (11/4) merupakan aspirasi murni dari para konstituen partai yang mengusungnya, bahkan dalam konteks yang lebih luas adalah masyarakat Jawa Tengah.

Menurut dia, proses rekruitmen sebagian calon gubernur lebih merupakan pilihan elit-elit politik yang bersifat pragmatis, berlandaskan sikap suka atau tidak suka serta mengesampingkan aspirasi konstituen  dan masyarakat umum.

Politik transaksional juga masih mewarnai proses rekruitmen calon gubernur yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat bagi konstituen atau masyarakat umum, melainkan hanya memberikan keuntungan bagi beberapa gelintir elit politik, ujar kader PDI Perjuangan itu.

Kedua hal tersebut, katanya, jelas bukan merupakan pendidikan politik yang baik bagi rakyat yang berisiko menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Rustriningsih menjelaskan, pernyataannya tersebut tidak diungkapkan tanpa ada dasarnya karena beberapa bulan terakhir dirinya telah mengikuti perkembangan dan dinamika politik yang terjadi di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Pernyataan ini berdasarkan informasi dari berbagai elemen masyarakat, pendukungnya, dan media massa serta bukan bentuk kekecewaan pihaknya karena tidak mendapat rekomendasi dari partai untuk maju sebagai calon gubernur, ujar mantan Bupati Kebumen yang menjabat selama dua periode.

Ia mengharapkan kedepannya elit-elit politik partai lebih jujur dan transparan dalam proses rekruitmen calon gubernur dan calon wakil gubernur demi terpilihnya seorang pemimpin yang amanah, jujur, memiliki kompetensi kepemimpinan yang baik sebagai wujud tanggung jawab kepada konstituen dan masayarakat.

Dalam siaran persnya, Rustriningsih juga memberikan selamat kepada KPU Jateng yang telah resmi menetapkan tiga pasangan calon gubernur yang akan maju pada Pilgub 2013.

Rustriningsih merupakan bakal calon gubernur yang mengukuti proses rekruitmen melalui PDI Perjuangan, bersama Ganjar Pranowo, Hadi Prabowo, dan Don Murdono.

DPP PDI Perjuangan kemudian menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur yang diusung pada Pilgub 2013.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013