Program ini sebagai upaya untuk memotivasi para yatim bahwa mereka bisa menempuh pendidikan tinggi dan bisa menjadi dokter,"
Bandung (ANTARA News) - Rumah Yatim menggulirkan Program 50 Dokter sebagai program pendidikan terbaru dengan menjaring calon mahasiswa yatim dan yatim piatu yang berprestasi.

"Program ini sebagai upaya untuk memotivasi para yatim bahwa mereka bisa menempuh pendidikan tinggi dan bisa menjadi dokter," kata Staf Ahli Pengelola Rumah Yatim Cabang Naripan, Rossa, di Bandung, Selasa.

Program 50 dokter ini digulirkan oleh Rumah Yatim dengan menerima dan membiayai baik peserta yang baru lulus sekolah akan masuk jurusan kedokteran maupun mahasiswa kedokteran.

Terhitung awal tahun 2013, program 50 dokter ini baru mendapat enam pendaftar dari seluruh Indonesia terdiri dari calon mahasiswa dan mahasiswa kedokteran.

Persayaratan untuk menjadi siswa program ini yakni selain sudah yatim atau yatim piatu, juga dari kalangan yang tidak mampu.

"Mereka yang berhak diterima di program ini bisa saja awalnya mampu. Tapi misalnya ketika tengah menjalani kuliah, tiba-tiba ayahnya meninggal dan ibunya juga tidak mampu membiayai," katanya.

Selain mendapat dana sampai lulus kuliah, ke-50 orang tersebut nantinya juga akan mendapat bantuan dana pendirian sebuah klinik praktik bila diperlukan.

Rumah Yatim sejak 2006 hadir sebagai organisasi sosial tingkat nasional yang bergerak dalam pengasuhan dan pengelolaan anak yatim dan dhuafa.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013