Kuta (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengungkapkan alasan mengapa pesohor sepakbola dunia Cristiano Ronaldo jatuh cinta kepada mangrove.

"Itu terkait tsunami Aceh dan bocah Martunis yang terbawa tsunami selamat karena tersangkut di pohon mangrove," kata Zulkifli di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Cristiano Ronaldo di acara Save Mangrove, Save Earth di Bali, Rabu.

Foto Martunis bocah kelas 3 SD yang selama 19 hari terombang-ambing di laut yang  tersangkut di hutan mangrove beredar di jejaring media sosial. Yang menarik Martunis ketika diselamatkan mengenakan kaos Ronaldo yang memperkuat tim nasional Portugal. "Dari situ Ronaldo dekat dengan Martunis dan mangrove," kata Zulkipli.

Ronaldo menyempatkan menemui Martunis di Aceh dan memberinya beasiswa untuk sekolah. "Martunis dulu dikasih handphone oleh Ronaldo, tapi handphonenya hilang," tutur Menhut.

Zulkifli pun memanggil Martunis yang kini sudah remaja dan gemar bermain sepakbola. "Ini dia Martunis. Ayo ke depan salaman sama bapak Presiden dan Ronaldo," katanya.

Martunis pun maju dan menyalami Presiden dan Ronaldo.  Kemudian Menhut menyerahkan sertifikat Duta Peduli Mangrove Bali kepada Ronaldo.

Dalam pidato singkatnya Ronaldo mengatakan dulu ketika Tomy Winata memintanya menjadi Duta Mangrove Bali, dia  langsung tertarik.
 
"Terimakasih kepada Presiden SBY. Saya senang datang ke Indonesia. Semoga acara saya di Bali ini dapat meningkatkan pesan penyelamatan mangrove," kata Ronaldo.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013