Ajak anak bermain, memberi kebebasan berimajinasi, selalu memuji serta menghargai anak. Juga jangan pernah larang anak"
Jakarta (ANTARA News) - Seribu hari pertama perkembangan anak adalah periode emas atau masa terpenting pertumbuhan yang paling kritis dan sensitif yang tak bisa diulang serta memberikan hasil maksimal atas apa yang telah ditanamkan pada anak secara fisik dan psikologis.

Namun, menurut dokter spesialis anak dr Soedjatmiko Sp.A(K), ada tiga komponen utama yang harus dipenuhi anak selama periode emas yang berlangsung sejak dalam kandungan hinga usia 2-3 tahun itu.

"Yakni kebutuhan fisik (berupa nutrisi), kasih sayang serta stimulasi," kata Soedjatmiko di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, kebutuhan fisik berupa nutrisi dalam bentuk air susu ibu (ASI), makanan tambahan dan susu tambahan saat anak sedikit lebih besar, penting untuk dipenuhi. Jangan lupakan pula kebutuhan imunisasi guna melindungi anak dari wabah dan penyakit menular.

"Setelah kebutuhan fisik terpenuhi, selanjutnya adalah kasih sayang, tapi ingat jangan berlebihan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan pentingnya stimulasi interaktif dari orang tua (atau pengasuh). Stimulasi ini berguna untuk mengarahkan serta mengembangkan potensi anak dengan memberi teladan kepada anak.

"Ajak anak bermain, memberi kebebasan berimajinasi, selalu memuji serta menghargai anak. Juga jangan pernah larang anak. Jangan bilang 'tidak' kepada mereka," kata Soedjatmiko.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013