Jumat, 24 Oktober 2014

Hari Nusantara Kotabaru didukung 12 kementerian

| 2.972 Views
id Hari Nusantara, dukungan 12 kementerian, potensi kelautan, potensi pariwisata
Tema yang diangkat untuk Hari Nusantara tahun ini adalah `Setinggi langit sedalam samudera potensi pariwisata dan kreativitas Nusantara yang tak terhingga`
Kotabaru (ANTARA News) - Hari Nusantara 2014 yang rencananya dipusatkan di Kabupaten Kotabaru, sekitar 350 km sebelah tenggara Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, akan didukung oleh 12 Kementerian.

"Hari Nusantara bukanlah hanya kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan semata, tetapi kegiatan yang akan dimotori oleh 12 Kementerian," demikian dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, H Talib, di Kotabaru, Rabu.

"Insya Allah dalam kesempatan Hari Nusantara 2014 nanti Kabupaten Kotabaru bisa mempromosikan daerah dan semua potensinya, karena kegiatan tersebut melibatkan 12 kementerian," jelasnya.

Talib optimistis, masing-masing Kementerian akan mengambil bagian sesuai bidangnya, untuk memajukan Kotabaru sebagai daerah berkembang dan sejajar dengan daerah maju lainnya.

Selain memiliki potensi hasil tambang yang melimpah ruah, "Bumi Saijaan" Kotabaru juga memiliki potensi kepariwisataan, terutama wisata bahari.

"Kotabaru memiliki gugusan karang yang keindahanya tidak kalah dengan di Bunaken, dan yang lainnya," ucap dia.

Batu karang yang ada di pesisir Teluk Jagung, Pulau Laut Barat, dan Pulau Laut Selatan, memiliki keindahan yang mempesona. Selain batu karang, Kotabaru juga memiliki beberapa pulau yang dijadikan tempat koloni penyu bertelur, seperti Pulau Samer Gelap, dan beberapa pulau di Kecamatan Pulau Sembilan.

"Potensi-potensi tersebut bisa dijual kepada wisatawan domestik dan mancanegara, tinggal melibatkan Kementerian Pariwisata terkait mengelolaanya," imbuhnya.

Talib juga menambahkan, salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam Hari Nusantara 2014, parade kapal perang, terjun payung dan kegiatan yang menarik lainnya.

Sementara itu, Hari Nusantara 2013 yang puncak peringatannya direncanakan akan digelar di Palu, Sulawesi Tengah, pada 13 Desember 2013, mengusung tema potensi pariwisata Indonesia yakni "Setinggi Langit Sedalam Samudera, Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga".

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, saat membuka rangkaian peringatan Hari Nusantara, mengatakan, "Tema yang diangkat untuk Hari Nusantara tahun ini adalah `Setinggi langit sedalam samudera potensi pariwisata dan kreativitas Nusantara yang tak terhingga`," kata Mari Elka Pangestu.

Ia mengatakan, tema itu mendeskripsikan kekayaan dan keberagaman potensi sumber daya bahari Indonesia yang memberikan manfaat yang tak terhingga, baik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga