Memasuki set kedua saya mampu bangkit dan berusaha bermain sabar untuk mengejar ketinggalan
Solo (ANTARA News) - Tunggal putri Indonesia Lavinia Tananta berhasil melangkah ke semifinal Turnamen Tenis Internasional "So Good Womens Circuit Seri I" di Manahan Solo, setelah menyingkirkan pemain China Ai Wen Zhu.

Pada babak perempat final, Jumat, Lavina yang menempati unggulan pertama mengalahkan Ai Wen Zhu dalam tiga set 3-6,6-3, dan 6-3 dalam waktu dua setengah jam.

Pada babak empat besar, Lavinia yang menempati rangking 569 dunia tersebut akan menghadapi petenis India, Kanika Vaidya yang sebelumnya juga menyingkirkan tunggal putri China Yang Yukun juga dalam tiga set 6-3,5-7, dan 6-4.

Pertandingan antara Lavinia Tananta melawan Ai Wen Zhu berjalan alot, karena keduanya bermain ngotot untuk bisa lolos ke babak selanjutnya di turnamen tersebut.

Pada set pertama, Lavina sering melakukan kesalahan sendiri sehingga petenis China melaju 3-1 dan akhirnya menyelesaikan dengan kemenangan 6-3.

Namun pada set kedua, Lavinia yang mendapat dukungan penonton terus bermain sabar untuk melayani permainan Ai Wen Zhu dan akhirnya menyelesaikan set ini dengan angka 6-3.

Memasuki set penentuan, Lavinia di atas angin dengan mengumpulkan poin demi poin untuk menyelesaikan set terakhir tersebut. Sebaliknya, petenis China kelihatan frustasi karena setiap serangannya sering mampu dikembali oleh Lavinia.

Bahkan, pukulan keras Lavinia sering menyulitkan petenis putri China itu, dan akhirnya bisa memenangi set terakhir dengan angka 6-3.

Lavinia mengaku pada set pertama ia kurang fokus ke permainan sehigga banyak melakukan kesalahan. Bola sering keluar dan menyangkut net, sehingga memberi poin pada lawan.

"Memasuki set kedua saya mampu bangkit dan berusaha bermain sabar untuk mengejar ketinggalan. Ternyata, bisa mengambil set kedua dan ketiga," kata Lavinia.

Petenis tunggal putri Indonesia lainnya yang masuk semifinal yakni Ayu Fani Damayanti, setelah di perempat final mengalahkan rekannya, Jessy Rompies 6-7 (6), 7-6 (5), 5-7.

Petenis putri Jepang, Yumi Miyazaki juga lolos semifinal setelah mengalahkan petenis teman senegaranya, Michika Ozeki dengan 6-2, 2-6, 1-6. 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013