Jumat, 29 Agustus 2014

Gempa guncang Pakistan

Minggu, 21 Juli 2013 07:43 WIB | 1.687 Views
Islamabad (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 5,2 pada Skala Richter mengguncang beberapa bagian Pakistan Barat-luat dan Timur-laut pada Ahad pagi, kata Departemen Meteorologi Pakistan (PMD).

Menurut keterangan yang tersedia di jejaring PMD, gempa tersebut mengguncang Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di bagian barat-laut dan beberapa daerah di wilayah utara sekitar pukul 03.13 waktu setempat.

Gempa tersebut menimbulkan kepanikan di kalangan warga, yang sedang sibuk menyiapkan diri untuk Shalat Subuh. Belum ada keterangan mengenai korban atau kerusakan harta.

Menurut media setempat, guncangan terada di Daerah Chitral, Swat, Malakand dan Lower Dir di provinsi itu.

Pusat gempa itu dipastikan berada sekitar 95 kilometer di sebelah timur-laut Chitral, dengan kedalaman 211 kilometer di Gunung Hindu Kush, wilayah pegunungan di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan --yang berada sekitar 214 kilometer di sebelah timur-laut Islamabad.

Pakistan termasuk di antara wilayah paling rawan gempa di dunia, dengan kerentanan tinggi terhadap gempa. Pada Oktober 2005, gempa dengan kekuatan 7,4 pada Skala Richter mengguncang beberapa bagian Pakistan, dan mengakibatkan kerusakan besar serta menewaskan lebih dari 80.000 orang selain membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga