Kita menargetkan secepatnya jembatan itu kembali difungsikan.
Merak (ANTARA News) - Dermaga V Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, tidak difungsikan untuk melayani kendaraan yang hendak naik ke atas kapal "roll on roll off" atau "roro" setelah jembatan movable brigde roboh.

"Kita menargetkan secepatnya jembatan itu kembali difungsikan," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, di Merak, Senin.

Ia mengatakan, selama ini arus kendaraan di Pelabuhan Merak berjalan lancar, meskipun dermaga V tidak digunakan untuk lintasan kendaraan. Saat ini ASDP Merak hanya memaksimalkan empat dermaga untuk menampung arus kendaraan.

"Kami terus memperbaiki jembatan dermaga V yang kondisinya rusak berat itu," katanya.

Menurut dia, pihaknya berharap sebelum Lebaran jembatan dermaga V sudah rampung dan bisa difungsikan. Apabila, dermaga V difungsikan tentu pelayanan lebih optimal, terutama mengatasi lonjakan kendaraan.

Saat ini, pemudik yang menggunakan kendaraan mulai padat sehingga perlu adanya pengoperasian lima dermaga.

Namun demikian, pihaknya juga bekerja keras untuk mengatur lalu lintas di sekitar areal parkir Pelabuhan Merak untuk memperlancar angkutan ke atas kapal.

"Saya kira antrean kendaraan saat ini di Pelabuhan Merak tidak mengular ke Cikuasa Atas karena petugas bekerja keras mengatur lalu lintas," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013