Jakarta (ANTARA News) - Keputusan Presiden (Keppres) baru untuk pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Palembang akhirnya ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kata Menpora Roy Suryo di Jakarta, Senin.

"Alhamdulillah, Keppres baru ISG No 23/2013 (Perubahan Keppres 15/2012) sudah ditandatangani Presiden. ISG III positif di Palembang 22 September hingga 1 Oktober," kata Roy Suryo.

Dengan demikian dasar hukum pemindahan lokasi pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam dari Pekanbaru Riau ke Palembang Sumatra Selatan lebih kuat.

"Keppres baru ini per tanggal 29 Juli," kata Roy.

Menurut dia, meski Keppres ISG baru keluar, persiapan di Palembang sebenarnya sudah berjalan sejak penunjukkan saat rapat koordinasi yang dipimpin langsung Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

"Semuanya sudah on the track. Besok, Selasa (30/7) Technical Delegates dari ISSF ke Palembang untuk meninjau langsung persiapan disana," kata lulusan Fisipol UGM itu.

Sebelum ada Keppres baru, kata dia, dua perwakilan dari Kemenpora yaitu Djoko Pekik dan Faisal Abdullah mengikuti pertemuan dengan ISSF di Jeddah Arab Saudi untuk membahas masalah teknis pelaksanaan ISG.

ISG 2013 akan mempertandingkan 13 cabang olahraga, antara lain sepak bola, wushu, bola voli, taekwondo, bulutangkis, aquatik, basket, panahan dan tenis.

Perhelatan ini akan dipusatkan di Kompleks Jaka Baring Sport City Palembang, namun bola voli, wushu dan basket digelar di luar kompleks Jaka Baring.

Kemenpora telah menganggarakan dana sebesar Rp131 miliar. Dana ini berkurang karena terjadi penghematan anggaran pada setiap departemen.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013