Saya bisa jamin kalau tiga tahun lagi bisa bersaing,"
Jakarta (ANTARA News) - Sektor ganda putri Indonesia dijamin siap bersaing di kancah internasional pada tiga tahun mendatang dengan beberapa pasangan yang telah disiapkan.

"Saya bisa jamin kalau tiga tahun lagi bisa bersaing," kata pelatih ganda putri Pelatnas PBSI, Bambang Supriyanto, di Jakarta, Senin (29/7).

Nomor ganda putri mengalami beberapa kali perombakan usai turnamen Piala Sudirman 2013 Mei lalu. Pasangan yang terbentuk antara lain Greysia Polii/Nitya Krishinda, Della Destiara Haris/Anggia Shitta, Meiliana Jauhari/Komala Dewi, dan Jenna Gozali/Suci Rizky Andini.

Pada Kejuaraan Dunia 2013, Indonesia hanya mengirimkan satu pasangan dari Pelatnas yakni Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah serta pemain non pelatnas Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta.

"Ganda putri (pelatnas) kita memang belum matang. Kalau jangka pendek yang berpeluang paling hanya Greysia/Nitya. Tapi jangka panjang, Gebby/Tiara, Suci/Jena, dan Della/Anggia pasti bisa," jelasnya.

Menurut Bambang, kelemahan ganda putri Indonesia ada pada fisik. "Tetapi sekarang sudah ada peningkatan sekitar 20 persen. Saat latihan, kita tingkatkan latihan di fisik, beban, dan kecepatan," tambahnya.

Untuk Gebby/Tiara yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia, meskipun tidak dipasang target tetapi mereka membidik target sendiri agar bisa masuk ke delapan besar.

"Secara keseluruhan persiapan mereka bagus. Ada persiapan khusus untuk mereka," ujarnya.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013