Adanya pembayaran lebih awal ini, tentunya disambut gembira karena sangat dinantikan buruh.
Kudus (ANTARA NEws) - Pabrik Rokok (PR) Gentong Gotri Kudus, Jawa Tengah, Jumat, mulai membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada ratusan buruh dari perusahaan terkait, meskipun awalnya dijanjikan dibayarkan pada 3 Agustus 2013 atau H-5 Lebaran.

"Hari ini (Jumat (2/8)-red), sebagian buruh sudah menerima pembayaran THR, terutama buruh yang biasa masuk kerja pada Senin dan Kamis," kata Ketua Pimpinan Unit Kerja (PUK) PR Gentong Gotri Kudus, Agus Winarno, di Kudus, Jumat.

Sedangkan buruh lainnya, kata dia, akan diberikan pada Sabtu (3/8), karena sudah ada pemberitahuan dari perusahaan terkait jadwal pembayarannya.

Berdasarkan hasil pertemuan dengan manajemen PR Gentong Gotri, kata dia, pembayaran THR dijadwalkan pada H-5 Lebaran.

"Adanya pembayaran lebih awal ini, tentunya disambut gembira karena sangat dinantikan buruh," ujarnya.

Terkait dengan hak-hak buruh lainnya yang belum dibayarkan, kata dia, hingga kini belum diketahui. Hal terpenting, kata dia, untuk sementara buruh sudah menerima pembayaran THR, meskipun belum 100 persen.

Adapun hak buruh lainnya, yakni uang tunggu sebesar Rp16.500 per hari, uang kebijakan Rp13.000, uang premi tiga hari sebesar Rp99.000 dan jasa tahunan untuk buruh borong Rp180.000 serta buruh harian Rp200.000.

Untuk mendapatkan kepastian soal THR, para buruh juga menggelar aksi unjuk rasa hingga mendatangi Kantor Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK) yang ada di Jalan Sunan Muria.

Harni, seorang buruh borong PR Gentong Gotri mengakui, mendapatkan THR sebesar Rp940.000 yang diterima hari ini. Sedangkan sisa THR sebesar Rp50.000, kata dia, akan diterima setelah Lebaran 2013.

Dengan diterimanya THR lebih awal dari jadwal, kata dia, akan digunakan untuk membayar utang dan belanja kebutuhan selama Lebaran.

Pernyataan senada diungkapkan buruh borong lainnya, Suwarti mengaku, uang THR yang diterima hari ini akan digunakan untuk belanja kebutuhan selama Lebaran.

Sejak tidak ada aktivitas produksi di PR Gentong Gotri mulai 6 Februari 2013, kata Suwarti, dirinya tidak memiliki pekerjaan sampingan, sehingga tidak ada penghasilan tambahan untuk keluarga.

"Informasinya, aktivitas produksi akan dimulai lagi pada 19 Agustus 2013," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013