Stabilitas dan kredibilitas industri keuangan harus dijaga bersama,"
Jakarta (ANTARA News) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengemukakan bahwa pelaku pasar keuangan di Indonesia mempunyai komitmen menjaga kredibilitas serta kontribusi terhadap peningkatan ketahanan industri dari goncangan internal maupun eksternal.

"Stabilitas dan kredibilitas industri keuangan harus dijaga bersama," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa OJK dan pelaku pasar modal (perusahaan efek dan analis pasar modal), industri keuangan non-bank (perusahaan asuransi dan dana pensiun), serta pemodal kelembagaan domestik di pasar modal Indonesia menyatakan kesiapannya dalam mengevaluasi sekaligus mengantisipasi perkembangan pasar yang ada.

Dikemukakan, pada hari ini (Selasa, 20/8) OJK melakukan pertemuan dengan pelaku pasar yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto, Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan non-bank Firdaus Djaelani dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Nurhaida, bertujuan untuk "sharing" informasi dan memperoleh masukan dari pelaku industri jasa keuangan, terkait dengan kondisi perekonomian pada umumnya dan kondisi pasar modal Indonesia pada khususnya.

Muliaman memaparkan dari hasil eveluasi bahwa pelaku pasar meyakini kondisi pasar modal saat ini adalah sesuatu yang wajar dan merupakan bagian dari dinamika pasar.

Dikemukakan, pelaku industri keuangan non-bank sendiri sebagai representasi dari pemodal kelembagaan di pasar modal Indonesia berkeyakinan bahwa kondisi saat ini bersifat sementara (temporary) dan tetap mempunyai optimisme akan adanya perbaikan.

Disebutkan, mayoritas pemodal kelembagaan besar seperti Jamsostek, Taspen, AXA Mandiri dan beberapa Dana Pensiun tetap konsisten menjalankan kebijakan investasi jangka panjangnya bahkan melihat adanya peluang untuk meningkatkan portofolio investasi di pasar modal Indonesia.

Muliaman juga mengatakan bahwa setiap pihak yang terlibat di industri jasa keuangan Indonesia bertugas untuk bersama-sama mendorong dan mengembangkan pasar yang sehat dan stabil.
(KR-ZMF/B012)

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013