Surabaya (ANTARA News) - Tim Nasional Indonesia yang disiapkan menghadapi kejuaraan Piala AFF U-19 membawa 20 pemain untuk menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada pertandingan uji coba di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (22/8).

Rombongan pemain yang dipimpin Pelatih Kepala Timnas U-19 Indra Syafri berangkat menuju Kuala Lumpur dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Rabu, dan direncanakan kembali pada Jumat (23/8).

Pertandingan melawan Timnas UEA U-19 merupakan uji coba kedua yang dijalani anak-anak asuh Indra Syafri sejak melakukan pemusatan latihan di Sidoarjo mulai Senin (12/8).

Laga uji coba pertama telah dijalani Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan pada Sabtu (17/8) melawan tim sepak bola Jatim proyeksi PON 2016, dengan meraih kemenangan tipis 1-0.

"Kami sebenarnya ingin membawa seluruh pemain (sekarang masih ada 32 pemain) ke Malaysia, tetapi pihak Uni Emirat Arab hanya memberikan kuota 20 orang pemain. Jadi, 12 pemain lain kami tinggal di Sidoarjo," kata Indra Syafri sebelum bertolak ke Kuala Lumpur.

Ia mengatakan tidak ada target khusus yang dibebankan kepada pemain saat menghadapi UEA, karena uji coba ini juga sebagai salah satu bahan evaluasi dan pemantauan pemain, serta pemantapan skema permainan.

Sebelum berlaga di Piala AFF U-19 yang digelar di Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur, pada 9-23 September 2013, Timnas U-19 mengagendakan lima laga uji coba untuk mematangkan persiapan, sekaligus seleksi pembentukan tim inti.

Tiga laga lainnya rencananya menghadapi Persegres Gresik United U-21, Deltras Sidoarjo U-21, dan Timnas Timor Leste U-19. Khusus untuk laga lawan Timor Leste masih dalam konfirmasi.

Pemusatan latihan Timnas U-19 awalnya diikuti 37 pemain, tetapi lima pemain telah tereliminasi dan dipulangkan pada Senin (19/8), karena alasan cedera dan kalah bersaing.

Dua dari lima pemain yang terdepak karena cedera pernah bergabung dalam proyek PSSI di klub Uruguay, Sociedad Anonima Deportiva (SAD), yakni M. Junda dan Bagas. Sedangkan tiga pemain lain adalah Makarius (Manokwari, Papua), Firmansyah (Jakarta) dan Mulyana (Cirebon).

"Pemain-pemain yang masuk tim inti untuk Piala AFF akan diputuskan setelah seluruh rangkaian uji coba selesai pada akhir Agustus," kata Indra Syafri.

Berikut nama-nama pemain Timnas U-19 untuk uji coba melawan UEA:

Ravi Murdianto, Rully Desrian (kedua kiper), Febly Gushendra, Putu Gede Juni, Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna, Muhammad Fatchu Rochman, Dimas Sumantri, Mahdi Fahri Albaar, Muhammad Hargianto, dan Al Qomar Tehupelasury.

Selanjutnya Zulfiandi, Paulo Oktavianus Sitanggang, Evan Dimas Darmono, Hendra Sandi Gunawan, Maldini, Septian David Maulana, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Angga Febriyanto, dan Muhammad Dimas Drajad.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013