Banjarmasin (ANTARA News) - Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kalimantan Selatan akan digelar 3 November mendatang.

Sementara pendaftaran CPNS sudah dimulai dari awal hingga akhir September ini sesuai formasi pada masing-masing daerah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

"Setelah masa pendaftaran berakhir, pada 3 November tes dilaksanakan secara serentak bagi CPNS dengan sistem lembar jawaban komputer atau LJK," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Selatan, Thamrin, di Banjarmasin, Rabu .

Menurut Thamrin, pada pelaksanaan penerimaan CPNS kali ini, pemerintah pusat memberikan dua opsi model tes seleksi CPNS yaitu bisa dengan tes tertulis seperti yang sebelumnya atau dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Khusus Kalsel, kata dia, hanya Pemerintah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang menyatakan siap menerapkan CAT ini, sedangkan daerah lainnya kemungkinian tetap menggunakan cara lama atau tertulis.

Menurut Thamrin, dua model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu dengan CAT hasil yang diperoleh lebih obyektif, pelamar akan langsung tahu nilai atau skornya, sehingga pada saat pengumuman tinggal melihat skor nilainya masuk atau tidak.

Selain itu, pelamar bisa mendaftar lebih dari satu formasi karena waktu ujian dilakukan tidak bersamaan.

Hanya saja, tambah dia, dari segi sarana pendukung untuk sistem CAT ini, pihaknya baru bisa menjamin ketersediaan sekitar 300 unit komputer untuk peserta tes.

"Jumlah tersebut tentu kurang karena estimasi pelamar bisa mencapai minimal 5 ribu orang," katanya.

Hal tersebut, tambah dia, berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya ditingkat provinsi mencapai 6.000 orang, dan diperkirakan pada tahun ini tidak jauh berbeda, apalagi beberapa daerah hanya mendapatkan formasi CPNS guru.

Selain itu ujar Thamrin, pihaknya perlu mendatangkan tenaga khusus untuk pelaksanaan CAT ini dari Jakarta.

Tahun ini, Pemprov Kalsel dijatah menampung 191 CPNS dengan formasi 20 persen guru, 60 persen medis dan 20 persen teknis.

Terkait waktu pendaftaran CPNS tahun 2013, menurut Thamrin, sampai sekarang, sesuai hasil rapat BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalsel, Selasa (3/8), belum bisa disampaikan ke masyarakat karena masih menunggu formasi.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN), menurutnya, baru menyampaikan jumlah CPNS yang akan diterima untuk Kalsel yakni 1.094 orang yang terdiri dari tenaga pendidik, medis, dan teknis sedangkan secara rinci, belum disampaikan.

"Orang kan perlunya tahu berapa jumlah penerimaan masing-masing formasi, karena belum ada, jadi tidak bisa diumumkan," jelasnya lagi.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013