Jakarta (ANTARA News) - Indonesia gagal mengirimkan wakilnya ke babak final China Masters 2013 setelah langkah dua wakil pasangan ganda campuran Indonesia terhenti di babak semifinal, Sabtu.

Pasangan kakak-adik Markis Kido-Pia Zebadiah Bernadet harus mengakui ketangguhan pasangan unggulan kedua, Xhang Nan-Zhao Yunlei, yang merupakan wakil tuan rumah dengan skor 16-21, 14-21.

Kekalahan mereka disusul Riky Widianto-Richi Puspita Dili yang disingkirkan ganda campuran asal Korea Selatan, Yoo Yeon Seong-Eom Hye Won dalam dua game langsung 21-23, 17-21.

"Riky-Richi sebetulnya sudah bermain bagus hari ini, tetapi di game pertama mereka kalah tenang. Ada dua bola tanggung yang gagal dikembalikan. Satu out, yang satunya luput dari jangkauan. Tetapi secara keseluruhan sudah bagus," ujar Pelatih Ganda Campuran Pelatnas PBSI, Nova Widianto, dikutip dari badmintonindonesia.org, Sabtu.

Dengan kekalahan ini, pemain Indonesia kembali harus angkat koper tanpa gelar.

Pada pertandingan yang berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium itu, kejutan juga muncul dari sektor tunggal putri lewat kekalahan pemain nomor satu dunia, Li Xuerui atas pemain non unggulan Porntip Buranaprasertsuk asal Thailand lewat pertarungan rubber game 16-21, 21-15, 20-22.

Li dipermalukan dihadapan publiknya sendiri untuk kedua kalinya dalam waktu dekat setelah kekalahannya atas pemain Thailand lainnya, Ratchanok Intanon di Kejuaraan Dunia beberapa waktu lalu.

Pewarta: Monalisa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013