Singapura (ANTARA News) - McLaren hari ini memastikan akan membuka tangannya lebar-lebar untuk kemungkinan kembalinya pebalap Ferrari Fernando Alonso dalam apa yang disebut banyak kalangan sebagai kudeta Formula Satu yang paling sensasional.

Bos McLaren Martin Whitmarsh mengaku akan senang bisa mengontrak lagi juara dunia dua kali yang pernah mengalami satu musim yang tak membahagiakan di McLaren pada 2007.  Whitmarsh bahkan mengatakan pebalap Spanyol itu bisa segera dikontrak musim depan.

"Saya kira jajaran pebalap kami untuk tahun depan akan tetap sama, namun kami terbuka untuk apa pun dan dalam jangka panjang dia akan menjadi asset yang luar biasa," kata Whitmarsh kepada Sky Sports News Inggris.  "Fernando adalah penentu nasibnya sendiri, tapi kita lihat saja nanti."

Alonso yang juara dunia 2005 dan 2096 dilaporkan tidak senang atas keputusan Ferrari mengontrak lagi mantan juara dunia Kimi Raikkonen sebagai rekan satu timnya musim depan.

Dua pebalap McLaren, Jenson Button asal Inggris dan pebalap Meksiko Sergio Perez, telah memastikan kontrak sampai 2014.

Whitmarsh mengatakan kedua pebalap tampaknya tetap bersama McLaren tahun depan namun dia mengungkapkan bukan mustahil Alonso akan membalap bersama tim Inggris ini.

"Terus terang saja, orang ingin mengontrak Fernando Alonso karena dia adalah salah satu pembalap terbaik di dunia saat ini. Dia adalah asset untuk tim mana pun," kata Whitmarsh.

Alonso sendiri mengabaikan dugaan dia tak puas dengan kedatangan Raikkonen di Ferrari setelah tim asal Italia ini memutuskan mengganti Felipe Massa yang tidak konsisten.

"Saya selalu diberi tahu mengenai pergerakan tim...ketika mereka memutuskan mengganti Felipe mereka meminta pendapat saya dan saya bilang pada mereka bakwa Kimi adalah yang terbaik di luar pasar sana," kata Alonso.

Alonso menghadapi hubungan yang sulit dengan rekan satu timnya Lewis Hamilton di McLaren tahun 2007, yaitu satu musim yang ditandai oleh skandal "Spygate" berupa pembocoran informasi teknik.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013