... bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan berikut delegasinya pada KTT APEC 2013 ini... "
Kuta, Bali (ANTARA News) - Indonesia akan merancang perjalanan wisata antarnegara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) secara cepat dan mudah tanpa mengurangi aspek keamanan di kawasan tersebut.

"Kami akan membahasnya karena harus mempersiapkan berbagai sarana penunjang seperti sinkronisasi data antarnegara tersebut," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, di Kuta, Bali, Selasa. 

Dia memimpin pembahasan dalam Dialog Tingkat Tinggi Tentang Fasilitasi Perjalanan APEC, di Kuta, Bali, Senin.

Ia menjelaskan hasil pembahasannya itu akan diumumkan pada Jumat (4/10), di Nusa Dua, Bali.

Nantinya akan diperlukan teknolgi sinkronisasi data antarnegara yang canggih sehingga wisatawan yang berkunjung tanpa harus mengurus administrasi terlalu lama.

"Semuanya itu masih dipersiapkan dan rencananya bisa diterapkan secepatnya," katanya.

Namun, aspek keamanan kenyamanan menjadi prioritas utamanya sehingga tidak mengganggu para wisatawan yang berkunjung daerah itu.

Selain itu, pihaknya juga merancang bandara yang ramah terhadap wisatawan dengan menyiapkan berbabagai fasilitas penunjang lainnya untuk kenyamanan wisatawan.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, masih akan melakukan perancangan lebih mendalam agar aspek kenyamanan dan keamanan di kawasannya. 

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013