... manfaat inisiatif ini terkait upaya memajukan bidang jasa nasional, dimana sektor jasa dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian nasional... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia akan memajukan bidang jasa nasional yang dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian melalui prioritas pencapaian Bogor Goals dalam KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali.

Dokumen yang diperoleh, Kamis, menyebutkan, saat ini, pengembangan sektor jasa di kawasan APEC masih tertinggal dibandingkan dengan sektor perdagangan barang yang relatif lebih terbuka.

Selain itu, pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada anggota APEC yang membutuhkan berperan penting guna memaksimalkan keuntungan yang dapat diambil dari sektor jasa.

Bagi Indonesia, manfaat inisiatif ini terkait upaya memajukan bidang jasa nasional, dimana sektor jasa dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian nasional. 

Penguatan perdagangan sektor jasa akan membuka lapangan kerja bagi para tenaga ahli dan tenaga kerja terlatih, serta membuka peluang pemasukan arus masuk modal luar negeri yang dapat memacu pengembangan teknologi, informasi, dan manajemen yang lebih baik. 

Dalam pencapaian Bogor Goals, Indonesia juga akan menjaga kepentingannya untuk menciptakan sistem perdagangan internasional yang tidak diskriminatif dan menjamin akses pasar bagi produk-produk ekspor Indonesia, melalui WTO.

Selain itu, beberapa hal yang akan direkomendasikan Indonesia kepada pemimpin ekonomi APEC antara lain kerja APEC harus difokuskan pada upaya-upaya penguatan ketahanan dan ketangguhan ekonomi dalam menghadapi krisis.

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013