Sydney (ANTARA News) - Pangeran Harry dari Inggris meninjau armada kapal perang global pada perayaan megah untuk menandai 100 tahun usia kekuatan laut mandiri Australia yang disaksikan oleh puluhan ribu orang di Pelabuhan Sydney pada Sabtu.

Pangeran Harry, yang mengenakan seragam putih Tentara Inggris dan baret biru, menaiki kapal survei Australia HMAS Leeuwin untuk meninjau armada bersama perwakilan Ratu Inggris, Gubernur Jenderal Quentin Bryce, dan Perdana Menteri Tony Abbott.

Ayesha Sweeney (19) melakukan perjalanan sepanjang 460 kilometer dari daerah pedesaan Albury untuk melihat Sang Pangeran dan dia berhasil melihat sekilas saat Pangeran memberi hormat kepada para petugas di Pangkalan Angkatan Laut Garden Island di Sydney.

"Seragamnya benar-benar keren, cara dia hormat mengagumkan. Dia manis, saya pikir semua orang suka padanya, semua perempuan bersorak dan bersiul ketika dia keluar," kata Sweeney seperti dikutip AFP.

Di bawah terik sinar matahari, kapal Leeuwin mengelilingi armada kapal perang dari 17 negara, bersama banyak kapal Australia, yang ditonton oleh kerumunan warga yang berjejal di sekitar pelabuhan. Selain itu diperkirakan ada 5.000 perahu penonton.

Setelah meninjau armada kapal perang, Pangeran Harry dijadwalkan bertemu dan menyapa publik serta menghadiri pertemuan resmi dengan Perdana Menteri Abbott di kediamannya di Sydney Kirribilli House, sebelum menuju ke Perth untuk kunjungan singkat.

(Uu.S038)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013