... tidak ada rencana membuat kesatuan ekonomi dengan mainland... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Taiwan menegaskan, tidak ada rencana membuat kesatuan ekonomi dengan China meskipun keduanya telah bertemu di sela-sela rangkaian acara KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali.

"Kami tidak ada rencana membuat kesatuan ekonomi dengan mainland (China)," kata Mantan Wakil Presiden Taiwan, Vincent Siew, dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Selasa. Isu ini hal krusial dalam perbincangan jurnalis di KTT APEC 2013.

Pernyataan Siew tersebut terkait dengan kelanjutan pertemuan antara dirinya dengan Presiden China, Xi Jinping, di sela-sela KTT APEC pada Minggu (6/10). Pertemuan kedua petinggi itu bersejarah, untuk pertama kalinya setelah 60 tahun walau tidak secara resmi.

Siew mengatakan Taiwan dan China sudah menjalin kerja sama ekonomi mendalam pada beberapa tahun terakhir. Kerja sama itu menurut dia semakin menguat setelah Taiwan-China menandatangani Economic Cooperation Framework Agreement (ECFA) sebagai tanda normalisasi hubungan ekonomi Taiwan dengan China.

"Pada 2010 kami sudah menandatangani ECFA yang merupakan normalisasi institusi hubungan ekonomi Taiwan-China," ujarnya.

Namun dia mengatakan, kerja sama Taiwan-China akan semakin ditingkatkan ke depannya meskipun Taiwan tidak memiliki rencana untuk membuat kesatuan atau unifikasi ekonomi dengan China.

Sebelumnya kantor berita Xinhua melaporkan Xi dan Siew bertemu di sela sela rangkaian pertemuan KTT APEC 2013, di Bali, Minggu (6/10).

Dalam pertemuan tersebut Xi menekankan perlunya China danTaiwan meningkatkan komunikasi dan kerja sama demi memajukan bangsa Cina.

Konferensi pers tersebut juga dihadiri Ketua Badan Perencanaan Perekonomian dan Pembangunan Taiwan Chung-Ming Kuan, dan Ketua Kantor Ekonomi dan Dagang Taiwan, Andrew LY Hsia.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013