Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu melakukan pertemuan dengan British Council dan Tech City UK serta melakukan kunjungan ke pusat-pusat industri kreatif Inggris Raya dalam rangka pengembangan bidang ekonomi kreatif.

Pada pertemuan dengan British Council yang diwakili oleh Direktur Seni Graham Sheffield, kedua belah pihak telah membicarakan peningkatan kerjasama pengembangan industri kreatif Indonesia yang fokus pada pengembangan subsektor fesyen dan film, demikian Siaran pers Kemenparekraf yang diterima ANTARA News, Minggu.

Mari Pangestu menyampaikan apresiasi pemerintah Indonesia atas peran British Council yang telah dilakukan selama ini khususnya dalam pengembangan industri fesyen.

"British Council telah memfasilitasi pengembangan wirausaha kreatif bidang fesyen dalam beberapa tahun terakhir, yang berhasil meningkatkan kapasitas para desainer Indonesia ke tataran internasional, baik secara artistik maupun komersial" papar Mari Pangestu.

Menparekraf mengharapkan dukungan yang sama untuk pengembangan sub sektor ekonomi kreatif lainnya yang menjadi fokus dalam kerjasama dengan British Council.

Dalam pertemuan tersebut, mengingat pentingnya pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia maka British Council akan menempatkan seorang petugas khususnya di bidang ekonomi kreatif di perwakilannya di Jakarta.  Nantinya petugas tersebut menjadi fasilitator antara berbagai pihak yang terkait di Indonesia dan Inggris Raya.

British Council menyatakan komitmennya untuk meningkatkan peran aktifnya dalam mendukung pengembangan berbagai subsektor ekonomi kreatif Indonesia untuk masa lima tahun kedepan.

Dalam kesempatan di Menparekraf juga berkesempatan mengunjungi Tech City UK yang merupakan suatu institusi di bawah pemerintahan Inggris Raya yang memfasilitasi berbagai hal bagi para perusahaan perintis (start-up) di bidang media dan teknologi informatika.  

Lokasi Tech City strategis karena berada di pusat kota London yang sangat membantu bukan saja bagi para pengusaha namun juga bagi perusahaan pengguna jasa.  

Dukungan yang diberikan bukan saja dalam penyediaan tempat kerja dan jaringan kerja, namun meliputi pula dukungan mentoring serta pendanaan melalui berbagai mekanisme keuangan.  

Menparekraf juga mengunjungi gedung pertunjukan The Shed yang ikonik serta OXO2 Creative Center yang menjadi pusat promosi dan penjualan berbagai usaha ekonomi kreatif di wilayah London dan sekitarnya.

Kunjungan kerja Menparekraf ke London, Inggris Raya, berlangsung pada 3--5 November 2013. Tujuan utama kunjungan ini adalah menghadiri World Tourism Mart 2013 dan Pertemuan T20 yang ke-5 atau pertemuan Menteri-Menteri Pariwisata anggota G20. 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013