Jakarta (ANTARA News) - Marc Marquez baru saja mencetak rekor luar biasa dengan catatan waktu 1 menit 30,237 detik pada sesi kualifikasi di Valencia.

Catatan waktu itu menempatkan dirinya start pertama di depan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa pada balapan seri terakhir yang sangat menentukan, besok (10/11).
 
Dilansir dari laman motogp, Marc Marquez mematahkan rekor milik Juara Dunia tahun lalu, Lorenzo, yang memiliki catatan waktu 1 menit 30,645 detik atau berselisih 0,408 detik.

Sebelumnya, rekor pole milik Dani Pedrosa dengan 1 menit 30,844 detik juga dipecahkan Lorenzo dengan 1 menit 30,645 detik pada tahun 2012.

Dani Pedrosa berada pada baris terdepan bersama dua pebalap Spanyol lainnya, Marquez dan Lorenzo, sedangkan Valentino Rossi berada pada start keempat dengan selisih  0.7 detik dari Marquez.

Rossi bisa berbicara banyak apabila bisa meraih posisi di depan Lorenzo atau Marquez dalam lomba yang memperebutkan gelar diantara keduanya.

Cal Crutchlow yang akan melakoni balapan terakhirnya bersama tim Monster Yamaha Tech 3 dan rekan setimnya, Bradley Smith, tidak mungkin memperjuangkan posisi pertama pada balapan final ini tetapi mereka berdua akan mencoba merebut posisi lima besar bahkan posisi podium.

Mereka berdua berada pada barisan kedua dengan posisi start kelima dan keenam.

Alvaro Bautista dari Honda Gresini yang sempat terjatuh dan keluar lintasan tapi tidak mengalami cedera akan memulai tepat di depan Stefan Bradl dari LCR Honda dan Andrea Dovizioso dari Ducati.

Nicky Hayden dari tim Ducati tercecer ke posisi start sepuluh di depan Andrea Iannone dan Danilo Petrucci, sementara Hector Barbera, Aleix Espargaro dan Claudio Corti akan berjajar di baris kelima dengan posisi start 13 hingga 15, demikian motogp.com.

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013