Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin Sabtu mengadakan percakapan telepon dengan mitranya pejabat Presiden Mesir Adly Mansour untuk membahas Suriah yang dilanda perang dan kunjungan menteri Rusia ke Kairo pekan ini.

Kremlin dilaporkan dalam satu pernyataan Sabtu bahwa kedua menyatakan niat mereka untuk mengembangkan kerja sama bilateral Rusia-Mesir.

Kedua pihak memuji pembicaraan-pembicaraan antara para menteri pertahanan dan menteri luar negeri Rusia dan Mesir yang diselenggarakan pada 13 dan 14 November di Kairo, kata pernyataan.

Para pemimpin juga membahas situasi di Suriah, yang telah menderita perang saudara selama dua tahun, dan wilayah Timur Tengah, menurut Kremlin seperti dilansir RIA Novosti.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov melakukan kunjungan bersejarah ke Kairo, menunjukkan kebangkitan hubungan dekat antara bangsa-bangsa yang Uni Soviet dan Mesir nikmati di masa lalu.

Shoigu mengatakan kepada wartawan, bahwa Rusia dan Mesir sepakat untuk mulai menyusun dokumen guna meletakkan landasan bagi kerja sama yang erat di bidang pertahanan.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013