Jakarta (ANTARA News) - Harapan Tim Nasional Indonesia untuk maju ke putaran final piala Asia 2015 terhenti setelah ditaklukkan Irak 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa.

Dengan kekalahan ini Indonesia tidak beranjak dari dasar klasemen Grup C dengan raihan satu poin dari lima laga. Sementara Irak juga tidak beralih dari posisi ketiga dengan perolehan 6 poin.

Gol pertama Iraq tercipta pada menit 28 ketika Adnan mampu mengirimkan umpan silang yang mampu disambar Hamdan Hamed dengan sundulan kepala.

Pada menit 32 Irak mendapatkan tendangan penalti setelah M. Roby melanggar Abdulzehra di kotak penalti. Karrarr Jasim yang maju sebagai eksekutor mampu menjalakan bola dengan sempurna. Irak menambah keunggulan 2-0.

Indonesia sebenarnya mendapatkan peluang emas jelang istirahat turun minum ketika Boaz Salosa melepaskan sepakan mendatar namun masih melenceng di sisi kiri gawang Irak.

Di awal babak kedua, Indonesia tampil agresif. Namun permainan tenang barisan pertahanan Irak cukup efektif meredam serangan Indonesia.

Indonesia punya peluang emas di menit 54. Sayang umpan silang Supardi ke mulut gawang Irak gagal disambut Titus Bonai.

Di menit-menit akhir Hamdan Ahmed kembali menebar ancaman, namun sepakannya juga tak membuahkan gol.  

Skor 2-0 untuk keunggulan Irak bertahan hingga pertandingan usai.

Pada pertandingan terakhir Indonesia akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 Maret 2014.

Susunan pemain:

Indonesia : I Made Wirawan (pg), Beny Wahyudi, Fachruddin, M. Roby, Ruben Sanadi, Raphael Maitimo, Ahmad Jupriyanto, Taufiq, Samsul Arif, Zulham Zamrun dan Boaz Solossa (k).

Irak : Mohammed Hameed Farhan (pg), Mohammed Jabbar Arebat, Ali Adnan Kadhim, Hammadi Ahmed Abdullah, Saif Salman Hashim, Humam Tareq Faraj, Kerrar Jasim, Salam Shakir, Ali Erhaima (k), Mohanad Karrar dan Alaa Abdul Zehra.(*)

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013