Wilayah rawan itu kita sebut dengan istilah `black spot` yang meliputi Jalan KH Noer Alie, Jalan Siliwangi, dan Jalan Mayor Hasibuan,"
Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Raharja memetakan tiga lokasi jalan di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dianggap menjadi wilayah rawan kecelakaan selama 2013.

"Wilayah rawan itu kita sebut dengan istilah black spot yang meliputi Jalan KH Noer Alie, Jalan Siliwangi, dan Jalan Mayor Hasibuan," kata Kepala Perwakilan Jasa Raharja Bekasi Dedi Sofyan, di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, pemetaan titik rawan lalu lintas itu dilakukan bersama dengan satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Dinas Perhubungan, dan Dinas Bina Marga dan Tata Air.

Upaya pemetaan tersebut, kata dia dilakukan dalam rangka mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti buruknya kualitas infrastuktur, kesalahan rambu lalu lintas, kesalahan pengemudi, dan lainnya.

Menurutnya, ketiga lokasi rawan kecelakaan itu perlahan diperbaiki oleh pihaknya melalui upaya sosialisasi kemanan berkendaa hingga perbaikan infrastruktur.

Upaya tersebut, kata dia, terbukti mampu menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas yang diukur berdasarkan jumlah pemohon santunan kecelakaan dari Jasa Raharja.

"Angka penurunan kecelakaan pada 2013 menurun sekitar 30 persen dari 2012," katanya.

Dikatakan Dedi, jumlah santunan yang disalurkan kepada para korban kecelakaan pun ikut menurun sebesar Rp3 miliar bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu.

"Pada 2012 jumlah santunannya mencapai Rp23 miliar, sampai November 2013 jumlahnya menurun sekitar Rp20 miliar," katanya.

(KR-AFR/F006)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013