Banyak bakat-bakat muda yang belum terpantau oleh pengurus olahraga tingkat pusat, salah satunya akibat keterbatasan akses mereka."
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional U-19, Indra Sjafri, mengatakan Perum LKBN Antara dapat memerankan fungsi pemandu bakat bagi dunia olahraga dengan segenap perangkat yang dimiliki, termasuk keberadaan kantor biro di 33 provinsi di Indonesia.

"LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) Antara dapat berperan besar terhadap kemajuan pembinaan dan pencarian bibit-bibit atlet berpotensi, dengan memerankan fungsi pemandu bakat," kata Indra seusai menerima "Antara Achievement Award" 2013 di Jakarta, Rabu.

Keberadaan kantor biro di seluruh provinsi di Indonesia, lanjut Indra, memberikan kesempatan kepada Antara memantau bakat-bakat atlet yang belum terpantau oleh pengurus olahraga di tingkat pusat.

"Banyak bakat-bakat muda yang belum terpantau oleh pengurus olahraga tingkat pusat, salah satunya akibat keterbatasan akses mereka," kata Indra.

Keterbatasan akses tersebut, idealnya diatasi dengan penerapan sistem pembinaan terkoordinasi dan terarah antara pengurus olahraga tingkat pusat dan tingkat daerah.

"Bahkan sampai ke pengurus cabang. Jadi lewat sistem pembinaan yang didalamnya terdapat kompetisi rutin dan tertata di daerah, pengurus cabang bisa segera menghubungi pusat tentang bakat yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya.

Akan tetapi, dengan kondisi sistem pembinaan yang belum bisa diandalkan, LKBN Antara sebagai sebuah kantor berita nasional harus juga mengemban tanggung jawab mengawal proses pembinaan atlet muda serta pencarian bakat-bakat masa depan.

"Itu menunjang prestasi olahraga negara," ujarnya.

Apabila Antara memanfaatkan sejumlah perangkat yang dimiliki, Indra menegaskan bahwa lembaga tersebut dapat menunaikan peran dan sumbangsih besar bagi para pelatih dan pengurus olahraga.

"Dengan fungsi pemandu bakat, Antara berjasa kepada para pelatih dan federasi olahraga," ujarnya.

Indra Sjafri merupakan salah satu penerima "Antara Achievement Award" 2013 yang diberikan kepada tokoh-tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang berprestasi di bidang masing-masing dan dianggap dapat memperkokoh kekuatan kebangsaan.

Sepanjang 2013, Indra sukses membawa Evan Dimas dkk menjuarai Kejuaraan AFF U-19 dan melangkah ke putaran final Piala Asia U-19 setelah memuncaki Grup G di babak kualifikasi.

Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 setelah di partai puncak mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti dengan skor akhir 7-6.

Perjalanan Timnas U-19 di Grup G kualifikasi Piala Asia U-19 juga terbilang fenomenal mengingat untuk dapat merebut puncak klasemen mereka juga mengalahkan juara bertahan sekaligus pengoleksi 12 trofi Piala Asia U-19 Korea Selatan dengan skor 3-2. (G006/T007)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013