Ibu adalah bagian dari keluarga yang memegang peranan sangat penting dalam pendidikan budi pekerti dan moral bagi anak-anaknya,"
Denpasar (ANTARA News) - Penasihat Utama Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali Ayu Pastika mengingatkan pentingnya peran dan perhatian seorang ibu terhadap pendidikan anak-anak di tengah berbagai kemajuan yang diraih oleh kaum perempuan.

"Saya bangga kaum perempuan Bali telah banyak yang berprestasi dan berhasil, tetapi seorang ibu harus tetap mengingat kodratnya di lingkungan rumah tangga," kata istri Gubernur Bali itu pada peringatan Hari Ibu di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, perkembangan zaman yang begitu cepat telah berimplikasi pada mudahnya generasi muda terpengaruh dampak negatif lingkungan seperti maraknya kenakalan remaja hingga penyalahgunaan narkoba.

"Oleh karena itulah, saya minta tolong perhatian ibu terhadap anak-anak jangan sampai memudar. Ibu adalah bagian dari keluarga yang memegang peranan sangat penting dalam pendidikan budi pekerti dan moral bagi anak-anaknya," ucapnya pada peringatan Hari Ibu yang dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-14 itu.

Di sisi lain, dengan banyaknya perempuan yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2014, Ayu Pastika melihat itu sebagai sebuah langkah berani dan kemajuan.

"Menjadi caleg juga menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan pengalaman perempuan Bali dalam ranah politik," katanya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika di sela-sela peringatan itu mengatakan dalam memaknai Hari Ibu sepatutnya memang harus menghormati dan melaksanakan hal-hal yang menjadi petuah ibu.

"Ibulah yang telah membesarkan, mendidik kita semua dalam suka dan duka," ucap mantan Kapolda Bali itu.

Pada peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Bali itu diisi dengan acara hiburan dan penyerahan hadiah berbagai kategori lomba kepada perwakilan desa dan kecamatan di Pulau Dewata.

Acara dibuka dengan penampilan tari yang dibawakan oleh anak-anak SMP SLB-B Negeri Pembina Nasional. Anak-anak yang berkebutuhan khusus itu dapat dengan piawai membawakan tari Bali meskipun mereka tidak bisa mendengarkan suara gamelan.

Tidak kalah menarik penampilan tembang kenangan yang dibawakan oleh Ida Ayu Asiawati yang merupakan istri dari almarhum mantan Gubernur Bali Ida Bagus Oka serta berbagai hiburan lainnya.

(KR-LHS/M038)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013