Irfan sudah setuju untuk bergabung dengan Persiba. Saat ini dia masih mengurus kepindahannya dari satu klub Liga Jepang,"
Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan sepakat dengan nilai Rp1,2 miliar atas kontrak satu musim kompetisi dengan Irfan Bachdim, striker Tim Nasional Indonesia.

"Irfan sudah setuju untuk bergabung dengan Persiba. Saat ini dia masih mengurus kepindahannya dari satu klub Liga Jepang," kata Nicolas, Manajer Bisnis pada PT Persiba Beriman, Kamis (16/1).

PT Persiba Beriman adalah perusahaan yang dibentuk untuk mengelola klub ini sekarang, setelah sebelumnya ada PT Balikpapan Kick-Off.

Sebelum bersepakat dengan Persiba, Irfan Bachdim sempat menjalani seleksi di sebuah klub Liga Jepang. Ia sedang mengurus administrasinya untuk bisa kembali bermain di Indonesia dan Persiba.

Dengan demikian, pelatih Jaya Hartono sudah mendapatkan satu striker untuk lini depan Beruang Madu.

Bergabungnya Irfan, menurut Nicolas, adalah langkah awal Persiba untuk merekrut sejumlah pemain bintang lain. Sisa waktu 2 pekan ini masih akan dimanfaatkan menajemen untuk berburu pemain kebutuhan tim.

"Sekarang masalahnya hampir semua pemain bagus sudah punya klub," kata Nicolas.

Irfan Bachdim merupakan pemain naturalisasi dan begitu berpaspor Indonesia langsung menjadi pemain Tim Nasional. Pemain kelahiran Amsterdam itu namanya langsung meroket seiring dengan kesuksesan Tim Nas hingga final Piala AFF 2010.

Sebab itu, Irfan juga tidak perlu lagi menjalani seleksi di Beruang Madu. "Kita sudah tahu kualitasnya," kata Faisal Husin, manajer Persiba.

Di sisi lain, sejumlah striker asing yang memperkuat Persiba di Inter Island Cup di Martapura, Kalimantan Selatan, tak ada seorang pun yang dianggap cukup mumpuni menjadi ujung tombak Beruang Madu.

Terakhir manajemen mencoret pemain asing asal Paraguay, Carlos Ozuna. Dalam tiga kali pertandingan Inter Island Cup, Persiba menang pada pertandingan terakhir melawan Persisam. Meski demikian, Maulana dan kawan-kawan sukses menggebuk Elang Borneo 3-2.

Negoisasi antara manajemen Persiba dengan manajer Irfan, yaitu kakaknya Fardy Bachdim berlangsung sepanjang dua pekan ini. Persiba mengontak Fardy di awal pekan tahun baru 2014.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014