Kami mengusulkan, sekiranya pola rehabilitasi mengikuti pola rehabilitasi gempa bumi dan erupsi Merapi di Yogyakarta. Stimulus bagi korban mengganti rumah hilang Rp50 juta, rusak berat Rp30 juta, dan sedang Rp20 juta."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang mengusulkan penanganan rehabilitasi perumahan korban bencana banjir bandang Manado meniru pola penanganan bencana erupsi Gunung Merapi.

"Kami mengusulkan, sekiranya pola rehabilitasi mengikuti pola rehabilitasi gempa bumi dan erupsi Merapi di Yogyakarta. Stimulus bagi korban mengganti rumah hilang Rp50 juta, rusak berat Rp30 juta, dan sedang Rp20 juta," katanya kepada saat menyambut Wakil Presiden Boediono di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Selasa.

Gubernur mengatakan, pihak pemda nantinya juga akan menyediakan lahan yang dapat digunakan untuk rehabilitasi.

Menurut Gubernur, akibat banjir bandang yang tersebut, setidaknya 15 ribu jiwa mengungsi, semenatara 10 ribu jiwa terkena dampaknya, dan 19 orang dilaporkan meninggal.

Wakil Presiden Boediono dalam kesempatan itu menyambut baik usulan tersebut. Menurut Wapres, pola rehabilitasi Merapi berhasil dan sukses. Hal ini karena kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat.

Selain itu, menurut dia, keberhasilan pola Merapi sangat ditentukan keakuratan data dari para korban, sehingga tidak terjadi banyak perbedaan di lapangan. Untuk itu, Wapres mengatakan akan membahas kemungkinan hal itu.

"Pengalaman di Yogya bagus, karena pengalaman kerjasama masyarakat dan pemda sangat bagus koordinasinya. Kalau pola Yogya kita ambil pendataan harus tepat jangan bergeser-geser. Di beberapa tempat gesernya besar jadi bingung," kata Wapres.

Selain itu, menurut Wapres juga diperlukan adanya pendampingan yang intens. "Kalau didrop uang saja kurang pas, tapi perlu ada tim-tim pendampingan," kata Wapres.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Wapres meninjau dua lokasi banjir bandang, di wilayah Dendengan Dalam, Kota Manado dan Kelurahan Komo Luar, Lingkungan Dua, Kecamatan Wenang, Kota Manado. Selain itu juga memberikan bantuan yang secara simbolis diterima Gubernur Sarundajang.

Sejumlah menteri juga turut dalam peninjauan tersebut, diantaranya Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dan Wakil Menteri Kesehatan Alie Gufron. (M041)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014